-->

Strategi Negara Menumpas Virus Corona. Mana Yang Terbaik ?


cungkring.com : Tiga bulan lalu saat virus ini mulai merebak jauh disana, banyak dari kita yang masih bercanda. Tapi mungkin semua candaan itu hilang melihat yang terjadi sekarang ini. Virusnya mnembus batas Negara menyebar ke seluruh dunia. Kini para pemimpin negara berkejaran dengan waktu untuk menumpas virus corona. 

Pertanyaannya negara mana yang memiliki strategi terbaik untuk lari dari pandemi virus ini ?

Baca Juga : Bagaimana Jika Kehilangan Pekerjaan Gara-Gara Corona
  Sebenarnya susah juga buat nentuin strategi mana yang dalam tanda kutip terbaik. Ini karena setiap negara punya banyak sekali perbedaan, dari penduduk, kondisi sosial ekonomi, tingkat pendidikan, tingkat  kepatuhan penduduk sampai geografisnya.

Biar lebih jelas kita bahas dari 3 negara dulu yang sekarang paling parah terkena dampaknya yaitu Italia, Spanyol dan Amerika. Jadi bisa kita lihat hampir mereka semua sekarang menerapkan lock down. 


Walaupun kelihatannya tegas, langkah ini diambil karena sebenarnya pemerintahnya kurang responsif atau masyarakatnya yang kurang begitu peduli. 

Baca Juga : Berapa Lama Vaksin Antivirus (Seperti Corona) Bisa Ditemukan
  Kita bandingkan juga dengan negara-negara seperti China, Korea Selatan, Singapura dan Taiwan yang penyebarannya mulai menurun. Negara inilah yang bisa dibilang berhasil dalam mengatasi pandemi. Lalu apa rahasia mereka ? 

Singkatnya mereka menerapkan kombinasi beberapa kebijakan, seperti cepat menerapkan lockdown, isolasi mandiri, tes massal, melacak jejak orang yang positif dan tentu tentu saja mempunyai sistem kesehatan yang memadai.

Misalnya seperti China, sebagai tempat awal semua ini bermula, mereka mempunyai strategi yang tegas. Menetapkan lockdown untuk wuhan dan menyiapkan rumah sakit darurat dalam hitungan hari.

Baca Juga : Seberapa Efektif Masker Menangkal Virus Corona 

Seiring kasus meningkat mereka semakin membatasi gerak gerik warganya dan menyuruh mereka terus meng update status kesehatan mereka jika ingin bepergian. Hasilnya jumlah kasuspun berhasil turun drastis, meski disisi lain mengorbankan ekonomi dan kehidupan warganya.

Berbeda dengan Korea Selatan, mereka ini sekarang menjadi sorotan dunia karena mampu mengurangi penyebaran virus corona tanpa melakukan lockdown. Kuncinya cepat dan tanggap. Ibarat teman kalian yang rajin dikelas, mereka langsung segera mempersiapkan segala sesuatunya sebelum virus corona ini datang.

Dan ketika wabah mulai merebak, mereka sudah siap untuk melakukan tes massal dibanyak tempat dan mengumpulkan data mereka sedetail mungkin demi menginformasikan warganya agar siaga. 

Ini juga berlaku dinegara-negara lainnya yang strategi canggih pemerintahnya berhasil menurunkan grafik khusus corona dinegara mereka setiap harinya.

Baca Juga : Perbedaan Endemi, Epidemi dan Pandemi (Corona Virus)
Infeksi virus dan penyakit baru sudah hampir pasti akan selalu ada. Tapi setidaknya dibandingkan jaman dulu sekarang kita punya lebih banyak harapan. Harapan yang bisa membuat ilmuan tahu tentang virus corona bahkan sampai jauh ke DNAnya hanya dalam hitungan pekan.

Harapan yang membuat kita sadar betapa pentingnya cuci tangan dan memperhatikan asupan makanan. Haparan dalam bentuk kekuatan untuk menciptakan obat buat kesehatan. Harapan tersebut ialah ilmu pengetahuan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel