-->

Perbedaan Endemi, Epidemi Dan Pandemi (CoronaVirus)


cungkring.com: Dunia darurat virus corona, saking menularnya virus ini menyebar ke lebih dari 95% Negara. Bahkan jumlah kasus paling banyak udah bergeser sekarang ke Eropa. Yang sekarang menjadi pusat penyebaran baru virus ini.

Organisasi kesehatan duniapun sudah menetapkan virus corona sebagai pandemi. Tapi tunggu dulu, sebenarnya apa sih itu pandemi? apa bedanya dengan epidemi dan endemi? apakah mereka semua beda atau sama dengan wabah?


Baca Juga : Berapa Lama Vaksin Antivirus (Seperti Corona) Bisa Ditemukan
  Jawabannya mereka itu ternyata adalah empat tingkatan yang berbeda. Jadi biasanya tingkat siaga penyakit yang menular itu mulai dari tingkat daerah. Jika tidak direspon dengan sigap barulah akan mewabah sampai tingkat nasional. Darisana bisa tambah parah lagi jadi menyebar ke negara tetangga, dan buat penyakit-penyakit yang paling berbahaya bisa menyebar ke seluruh dunia. 

Seberapa bahaya pandemi sebenarnya, lalu sebelum corona adakah pandemi yang sudah pernah dunia kita hadapi? 

Jadi pendeknya yang namanya pandemi tentunya sangat berbahaya, sebagai contoh malaria atau DBD yang sangat ditakuti anak-anak Indonesia adalah penyakit endemi. Kalau kamu pernah denger tentang ebola yang yang ramai di semua negara, itu semua tergolong epidemi dan bukan pandemi.

Baca Juga : Seberapa Efektif Masker Menangkal Virus Corona


Lalu kengerian covid-19 ada diatas itu semua. Tapi meskipun begitu virus corona bukan pandemi yang pertama dan nyatanya bukan yang paling mematikan juga. Untuk contohnya kita pernah dilanda satu pandemi yang saking mematikannya dikenal sebagai black death. 


Jadi ceritanya dulu di abad 14, selama bertahun-tahun umat manusia diserang oleh penyakit yang menyebar dari kutu dan tikus. Korban-korban yang berjatuhan tubuhnya berwarna hitam akibat inveksi bakteri.

Mereka menyerang kulit dan paru-paru kita yang menimbulkan demam, sakit kepala, inveksi paru-paru sampai akhirnya ratusan juta korban meninggal dunia. Ini bisa terjadi karena dahulu orang belum tahu kalau ternyata ada mahluk hidup yang tak terlihat yang bernama bakteri. Berbagai macam cara sudah dicoba tapi semua tak berguna dihadapan musuh asing yang tak kasat mata.


Baca Juga : Bagaimana Jika Kehilangan Pekerjaan Gara-Gara Corona
  Pada akhirnya memang wabah ini berhenti menyebar tapi dalam waktu 4tahun saja, sepertiga sampai setengah populasi eropa saat itu menjadi korban. Meski ribuan tahun setelahnya orang tidak menyangka pendemi seperti black death bakal terulang, tapi ada dan dikenal sebagai flu Spanyol.

Yang mengerikan hanya dalam waktu 2tahun flu ini menginfeksi sampai sepertiga populasi dunia dan menewaskan 50jt nyawa. Berkali-kali lipat lebih cepat daripada serangan balck death. 


Sekarang ribuan tahun setelah black death dan ratusan tahun sejak flu Spanyol merebak pandemi itu kembali datang dihadapan kita. Sejarah sudah menyatatkan banyak peristiwa untuk kita bisa belajar. Tinggal kita yang memilih untuk mengulangi tragedi atau belajar dari kesalahan dan menyelamatkan nyawa orang-orang yang kita sayang.

0 Komentar

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel