-->

Berapa Lama Vaksin Antivirus (Seperti Corona) Bisa Ditemukan ?


cungkring.com : Dari dulu sampai sekarang bumi sudah berulang kali terkena wabah virus berbahaya. Dari wabah pes di abad pertengahan yang bikin korban jiwa hingga puluhan juta orang, sampai wabah ebola, sars, mers dan yang terbaru virus corona. 

Sekarang pertanyaan terbesarnya adalah gimana kita menemukan vaksin buat menghentikan wabah-wabah tadi, berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Oke faktanya butuh bertahun-tahun bahkan sampai belasan atau puluhan tahun untuk para ilmuan nemuin vaksin ampuh penangkal virus. Kenapa begitu? 

Baca Juga: Perbedaan Endemi, Epidemi Dan Pandemi 

Karena memang bikin vaksin itu susah dan lama dan pastinya mahal biayanya. Itu karena buat bikinnya sicalon vaksin perlu diuji coba berulang kali dan bertahap-tahap sebelum bisa nyembuhin penyakit.

Lihat saja vaksin ebola yang butuh belasan tahun sampai akhirnya berhasil ditemukan vaksinnya. Atau penyakit pesyang udah muncul dari abad ke-14 dan sampai sekarang masih dicari penangkalnya.


Jadi sekarang dimanakah posisi kita dalam petualangan mencari vaksin virus corona ini.?

Gampangnya kita tinggal melihat perkembangan yang telah terjadi saat ini. Dari muncul kasus pertama kita udah melakukan banyak hal untuk nemuin vaksinnya. Memang jalannya masih panjang, tapi tenang dulu, untuk virus corona untungnya kita udah curi start ngelakuin riset panjang sejak sars dan mers juga mewabah.


Baca Juga : Strategi Negara Menumpas Virus Corona

Makanya walaupun sebenarnya butuh belasan sampai puluhan tahun buat ngembangin vaksin, sudah ada yang memprediksi vaksin virus corona ini bisa ditemukan dalam satu setengah tahun kedepan. Dan setelah jadi mereka akan memanfaatin zat yang namanya antigen untuk menguatkan imun tubuh.

Sekarangpun sambil nungguin vaksin ditemukan, Pemerintah dan BUMN banyak bidang lagi berlomba sama waktu melakukan segala cara buat menghentikan persebaran virusnya. 

Dari mulai memasang pemindai panas tubuh dibandara dan pelabuhan, menyiapkan ribuan dokter di seluruh Indonesia, ratusan rumah sakit yang siap menangani pasien suspec corona, menyediakan handsanitizer dan masker di banyak terminal dan bandara dan yang tidak kalah penting memastikan kalau bahan makanan dan logistic lainnya aman tersedia.
Jadi tidak usah panik dan tahan dulu hasrat buat borong masker dan bahan belanja. 

Baca Juga : Seberapa Efektif Masker Menangkal Virus Corona


Virus corona memang bahaya tapi lebih bahaya lagi rasa panik dan cemas yang berlebihan. Kabar baiknya, sejauh inipun sudah banyak pasien sembuh dengan sendirinya.

Makanya sekarang selain nunggu peran pemerintah yang memang bertugas untuk melindungi warganya, kitalah juga yang mesti terus jaga kesehatan dan ningkatin imun tubuh agar tidak mempan terkena virus.

0 Komentar

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel