-->

Benarkah Gunung Everest Tertinggi Di Bumi ?


cungkring.com : Selain ibu kota yang punya monas, Indonesia sendiri punya gunung-gunung yang jauh lebih tinggi. Di Pulau Jawa kita punya gunung Semeru, Di Sumatra kita punya gunung Kerinci dan yang tertinggi di Indonesia ada puncak yang tingginya setara 37kali tumpukan Monas yaitu Gunung Jayawijaya.

Tapi tunggu dulu, puncak Jayawijayapun masih kalah sama gunung Everest yang setinggi 67kali Monas. Tapi ternyata tidak seperti yang kita tahu selama ini, Everest sendiri ternyata bukan gunung yang paling tinggi. Kenapa bisa gitu ? Lalu dimanakah gunung tertinggi yang ada di bumi?

Ternyata jawabannya bisa kita temui di Hawai. Namanya adalah gunung Mauna Kea. Meski sekilas kelihatan tingginya hanya setengah gunung Everest, Tapi itu gara-gara setengah badan gunung ini ada di dalam laut.


Kalau kita hitung dari ujung bawah sampai ujung atas, gunung  ini ngalahin Everest dengan dengan tinggi sampai 77kali Monas. Saking tingginya seandainya gunung ini berdiri diatas tanah, mungkin bakalan ada kecelakaan pesawat yang salah tabrak karena puncaknya hampir setinggi jalur terbang pesawat.

Oke sekarang kita tahu, Terus pertanyaannya gimana sih cara ngukur tinggi gunung yang berkilo-kilo meter ini? 


Nah singkatnya para ilmuan itu punya tiga cara buat mengukur tinggi gunung:

> Cara pertama yang paling lama adalah pakai matematika sekolah. Kita bikin segitiga dari tiga titik dipuncak, didasar dan ditempat kita berdiri dipinggiran gunung. Dari sudutnya bisa dihitung tingginya berapa.

> Cara kedua pakai GPS yang akurat tapi lama. Kita mesti bawa alat GPSnya ke puncak gunung biar nanti satelit diluar angkasa bisa tahu posisi kita.

> Cara ketiga adalah terbang melintasi gunungnya berkali-kali sambil motret foto sebanyak-banyaknya. Dan foto-foto itu para ilmuan bisa manfaatin software buat bikin pemetaan dan jadi tahu ukurannya.


Jadi kesimpulannya sekarang kita tahu kalau mengukur tinggi gunung itu jauh lebih susah dari pada mengukur tinggi badan yang cuma modal tembok sama pensil. Tapi susah tidak berarti ilmuan-ilmuan kita jadi berhenti mencari tahu. 


Bahkan sekarang kita sudah berhasil mengukur bukan cuma gunung paling tinggi di bumi. Tapi juga gunung paling tinggi diseluruh planet tata surya kita yaitu gunung olympus di Planet Mars. Tingginya menjulang sampai 25km dan bikin gunung Everest dan Mauna Kea terlihat seperti anak bayi disebelah atlet basket.

Jadi gunung mana lagi yang perlu kita ukur dan seperti biasa terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel