Investasi Saham Dengan Modal 500Ribu


cungkring.com : Teman-teman hanya punya uang 500ribu tapi ingin segera memulai investasi saham. Kali ini saya akan membantu memberikan ide kira-kira saham bagus apa saja yang layak untuk dijadikan starter pondation teman-teman dengan modal awal 500ribu.

Untuk memfilter dari saham-saham gorengan yang tidak liquid, disini saya hanya akan melakukan risets terhadap saham-saham yang berada dalam indeks LQ45 yang memiliki pertumbuhan REVNEUE, NET INCOME, NET MARGIN, ROE hingga PER yang baik.

Baca Juga : Apa Itu Reksadana, Plus Minus Dan Cara Membelinya

Saham Pertama Adalah Kalbe Farma (kode saham KLBF)
Saat ini bisa dibeli diharga 1500/saham atau dana yang dibutuhkan untuk membeli 1lot sebesar 150ribu. KLBF memiliki kinerja cukup bagus, dilihat dari pertumbuhan revneue per 9bulan yang stabil sejak 2016. 1,9Trilliun adalah total laba bersih KLBF per 9bulan 2019. Jumlah ini meningkat dari yang sebelumnya 1,8Trilliun diperiode yang sama tahun lalu. Net margin KLBF saat ini adalah 11,6% dan dengan ROE 16.8%.

Kalbe Farma saat ini sedang bekerjasama dengan perusahaan asal Korea Selatan untuk mengembangkan produk ufarmasi. Jika berjalan lancar maka rentang 2020 hingga 2022 KLBF memiliki segmen bisnis baru yang akan berkontribusi terhadap pendapatan perusahaan.

Baca Juga : Bisnis Dan Investasi Terbaik 2020

Saham Kedua Adalah Bank Tabungan Pensiunan Nasional (kode saham BTPS)
Walaupun peer saat ini terbilang tinggi dengan 22kali atau diatas peer industri dengan 15kali, BTPS layak masuk radar karena didukung oleh pertumbuhan revneue dan net income yang bagus. Net margin juga sangat baik dengan 31%. 

 

Saham yang sejak IPO terbilang naik terus ini memiliki ROE 25%. Dengan harga saham dikisaran 3800 perlembar, maka dana minimal yang dibutuhkan adalah 380ribu.

Baca Juga : Cara Mencari Bisnis Yang Tepat Untuk Pemula

Saham Ketiga Adalah Bank Bri (kode saham BBRI)
Jika teman-teman ingin main aman dan ingin memiliki saham yang jempolan bisa pilih Bank Bri ini. Dengan peer 15kali saya rasa BBRI masih sangat layak untuk dikoleksi atau jika teman2 ingin peer lebih murah maka bisa tengok saham BBRI dengan peer 8,7kali saja.


Untuk kinerja pendapataan, net income dan net margin saya rasa tidak perlu banyak dibahas karena memang sudah sangat baik. Total laba bersih BBRI per 9bulan 2019 ini adalah 24,8Trilliun. Harga saham saat ini dikisaran 4100, maka minimal dana yang dibutuhkan adalah 410ribu untuk 1lotnya.

Baca Juga : Pentingnya Investasi Sejak Usia Muda

Saham Kelima Adalah Sri Rejeki Isman (kode saham SRIL)
Mungkin saham ini adalah yang paling murah secara harga maupun valuasi dalam daftar kali ini. Peer 4kali, pbv 0,6, roe 14,5% dan net margin 3,4%. Kinerja penjualan, laba bersih dan net margin cukup lumayan dengan periode 9bulan yang selalu bertumbuh setidaknya sejak 2016. 


Hanya laba bersih SRIL sedikit turun untuk periode 9bulan tahun ini dari 1,052Trilliun di 2018 menjadi 1.024Trilliun di 2019. Dengan kisaran harga 268 maka dengan 500ribu teman-teman bisa memiliki 18lot.


Saham Keenam Adalah HM Sampoerna (kode saham HMSP)
Ini adalah saham besar yang terkoreksi cukup dalam karena kenaikan cuka rokok. Saat ini harga dikisaran 2050 atau 1lotnya sama dengan 205ribu. HMSP memiliki peer 17,5kali, roe 44% dan net margin 12,8%.


Pendapatan HMSP tahun depan memang diprediksi akan turun karena naiknya harga rokok. Tapi sejauh ini grafik pendapatan dan laba bersih HMSP masih bertumbuh stabil.

Kesimpulan
Itu tadi beberapa saham yang bisa teman-teman pertimbangkan untuk dibeli saat ini, untuk jangka lama dengan modal 500ribu bahkan kurang. Perlu diingat saham bagus yang harganya murah belum tentu karena salah harga. Bisa jadi investor-investor besar tidak mau beli karena pertumbuhan bisnis yang melambat atau sebab2 lainnya. Untuk itu teman-teman wajib disertifikasi pada beberapa saham.

0 Komentar

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel