Cara Sukses Menabung Dengan Gaji Sedikit



cungkring.com : Tak sedikit orang yang belum menemukan cara sukses menabung dengan gaji sedikit. Hal ini membuat kita kerap gagal menyisihkan uang setiap bulan untuk ditabung. Padahal tanpa disadari cara menabung yang benar sudah diajarkan oleh orang tua kita sejak kecil. Salah satunya adalah dengan membelikan celengan dan meminta kamu untuk memasukkan sisa uang saku kedalam celengan. Jika sudah penuh hasil uang yang ada didalam digunakan untuk membeli keperluan kita sendiri, seperti tas atau sepatu sekolah.

Penghambat pertama seseorang tidak dapat menabung, selain menebus hutang adalah pola hidup konsumtif dan tidak adanya prioritas belanja. Seperti kebiasaan kerap kali membelanjakan barang-barang yang merupakan keinginan belaka, diluar kebutuhan primer sehari-hari.

Masalahnya bagi anda yang bergaji kecil, bisakah menerapkan menabung!. Jangan meremehkan kemampuan dan pemasukan anda meskipun kecil. Anda yang bergaji kecilpun bisa menabung, lalu bagaimanakah cara menabung? Simaklah baik-baik poin-poin berikut ini agar anda sukses dalam menabung:

Poin pertama : Buatlah Tujuan
Nah inilah kunci pertamanya, dengan adanya tujuan yang diimpikan anda akan semakin terarah, bersungguh-sungguh dan tetap fokus mengejar impian. Maka dari itu tetapkan tujuan dengan komitmen dan usaha keras demi tercapainya tujuan yang sudah ditentukan.

Contohnya, anda ingin membuat usaha konveksi, maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah punya mesin jahit atau buka usaha fotocopy, maka tujuan utamanya adalah membeli mesin fotocopy.

Tujuan yang jelas akan membuat anda menabung lebih efektif daripada menabung tanpa tujuan dan keinginan yang kuat. Anda juga harus menetapkan tujuan yang jelas dan dapat diukur pencapaiannya. Gunakan tujuan sebagai motivasi agar tetap semangat menabung.

Poin kedua : Menabung Diawal
Ketika waktu gajian, yang harus anda lakukan adalah pisahkan uang untuk ditabung sebelum menggunakan sisanya untuk kebutuhan lain. Namun sebelumnya tentukan terlebih dahulu berapa persen uang yang akan dimasukan kedalam celengan atau tabungan anda. Karena penentuan nominal yang tidak realistis atau salah perhitungan biasanya menjadi penghambat orang untuk menabung.

Contohnya, seumpama gaji anda 2juta, anda terlalu bersemangat. Oke bulan ini saya harus menabung 1,5juta agar cepat terkumpul banyak. Nah sobat ini salah, bukan terkumpul banyak malah bisa ludes. Karena anda tidak memperhitungkan pengeluaran dan ketika anda membutuhkan uang untuk biaya hidup, akhirnya anda menarik tunai uang tersebut yang telah ditabung tadi dan ini akan menjadi kebiasaan narik, narik dan narik.

Mulailah menabung setidaknya 10persen atau 20persen dari gaji. Misalnya gaji anda bulan ini 2juta sisihkan 200 ribu atau 400 ribu, meskipun sedikit menabung dan berapapun nominalnya jauh lebih baik daripada tidak menabung sama sekali. Menabung diawal gajian membuat uang akan lebih aman tersimpan, anda akan terhindar dari keinginan menggunakan uang untuk kebutuhan yang tidak penting.

Poin ketiga : Buat Anggaran
Jika sudah menyisihkan uang tabungan, catat semua kebutuhan yang diperlukan perbulan selama satu tahun. Penganggaran yang sistematis akan akan membantu untuk memprioritaskan pengeluarandan menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan menabung sepanjang tahun.

Misalnya gaji anda 2juta tadi, anda sudah menyisihkan 400 ribu untuk ditabungkan dan anda mempunyai sisa 1,6juta. Hitung pengeluaran anda, seumpama pengeluaran harian anda adalah 30 ribu rupiah, maka jika dikalikan 1 bulan adalah 900 ribu, anda harus memecahkan uang menjadi 30 ribuan. Jadi setiap hari anda tinggal mengambil 30 ribu untuk kebutuhan.

Nah sekarang uang anda sisa 700 ribu, hadiahkan sendiri kepada diri anda karena telah sukses menabung dan bebas menggunakannya. Misalnya uang untuk makan enak, nonton atau jalan-jalan, sebab cara menabung yang benar bukan berarti menyengsarakan diri.

Sekali lagi saat membuat anggaran bulanan tentukan prioritas kebutuhan, hindari mendahulukan keinginan. Terkadang ketika anda mengujungi pusat perbelanjaan, secara tidak sadar anda akan membeli apa yang dilihat hanya karena menginginkannya bukan karena kebutuhan anda.

Poin keempat : Lunasi Semua Hutang

Sebelum memutuskan untuk menabung, ada baiknya untuk melunasi segala hutang terlebih dahulu. Hutang akan menjadi beban pikiran tersendiri apabila tidak segera dilunasi dan justru membuat keuangan semakin tercekik. Dengan bebasnya dari segala kewajiban membayar hutang, maka anda akan semakin fokus menyisihkan uang untuk ditabung.

Kesimpulan
Oke sobat itulah tips menabung dengan gaji yang sedikit, semoga ulasan ini bermanfaat untuk sobat semua. Segeralah untuk memulai menabung, jika tidak dari sekarang kapan lagi..!!

0 Komentar

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel