-->

Pentingnya Investasi Sejak Usia Muda

Mengapa investasi sejak usia muda ! itu justru bisa membuat kita menjadi kaya raya dengan jauh lebih gampang. Nah saya akan membuat dua skenario dan skenario ini kita anggap keuntungan persatu tahunnya adalah 10 persen. Dan kita tahu 10 persen bukanlah keuntungan yang besar.

Kalau kita investasi IHSG ( Index Harga Saham Gabungan) nya saja di Indonesia itu rata-rata 12-13 persen pertahunnya. Tapi kalau kita invest ke perusahaan Bluechip Indonesia, itu rata-rata bisa membuat keuntungan kita 20 persen rata-rata pertahun.

https://www.cungkring.com/


Nah kita anggaplah pakai contoh hanya 10 persen saja. Nah anggaplah si A ini mulai invest saham sejak usia 20 tahun. Jai sejak usia 20 tahun mulai invest saham sampai 27 tahun. Masing-masing pertahun itu adalah 30 juta Rupiah. Jadi persatu tahunnya 30 juta rupiah sampai usia 28 tahun. Maka total yang di investasikan adalah 240 juta rupiah ( selama 8tahun).

Oke, setelah itu dia gak invest lagi nih, pertahun dia sudah tidak taroh uang lagi. Tapi dibiarin hasilnya sampai usia 66 tahun. Maka si A tadi dengan invest 30 juta pertahun sampai usia 27 tahun, total investasinya adalah 240 juta trus dia stop nih usia 28,29,30 udah tidak pernah invest lagi.

Dibiarkan saja hasilnya itu sampai usia 66 tahun, maka si A ini akan punya uang sebesar lebih dari 10 Milliar. Bayangkan hanya dengan invest 240 juta di usia 20 sampai 27 tahun bisa punya 10 Milliar lebih di usia 66 tahun.

Baca Juga : Bisnis Dan Investasi Terbaik 2020

Sekarang contoh si B, si B ini mulai investasi kebalik dari si A. Jadi 20 tahun dia belum invest sampai usia 27 tahun bahkan belum invest, jadi mulai invest itu sejak usia 28 tahun. Umur 28 tahun dia baru mulai invest saham, ketika dia mulai invest saham di usia 28 tahun setiap tahun dari usia 28 tahun sampai 66 tahun dia invest 30 juta rupiah setiap tahun.

Total investasi dia dia dari 28 tahun sampai 66 tahun kan rata-rata 30 juta maka hasilnya dari dia invest adalah 1,1 Milliar. Si A tadi cuma 240 juta, si B ini totalnya 1,1 Milliar. Tapi hasil akhirnya dengan bunga yang sama 10 persen ketika di usia 66 tahundia hanya memiliki dibawah 10 Milliar.

Bayangkan 2 skenario ini satu hanya invest 240 juta yang satunya 1,1 milliar tapi ketika sama-sama usia 66 tahun si A lebih kaya, dia punya lebih dari 10 milliar sedangkan si B dibawah 10 milliar. Kalian bisa lihat 2 perbandingan ini ya. Batapa menguntungkannya kalau kita bisa jadi investor sejak usia muda.


Karena kita rasa waktu adalah yang paling mahal dan kita tak bisa membeli waktu. Jadi mulai muda itu tidak ada salahnya. Temen-temen bisa mulai dengan nilai yang paling kecil, kita punya gaji sisihkan gaji kita dan invest.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel