-->

Baterai Dicas Terus Atau Waktu Lowbat.. Mana Yang Benar ?


cungkring.com : Setiap kali punya hp atau laptop baru sering sekali kita pakai barang-barang itu dengan penuh hati dan kasih sayang, terutama urusan baterainya. Ada yang bilang biar awet dan tidak gampang bocor pakainya jangan pakai sambil dicas. Tapi ada juga yang bilang kalau pakai sambil dicas itu bisa menjaga baterai awet.

Akhirnya timbul pertanyaan mending cas hp dan laptop cuma ketika lowbat atau dicas terus saja..!


Jawabannya, ngecas baterai terus-terusan itu boleh saja. Singkatnya karena baterai yang ada dibarang elektronik ini barang itu sudah canggih. Jika sudah penuh biasanya baterai otomatis berhenti menyedot listrik lagi tapi yang jadi bahaya kalau benda kesayangan kita ini justru kepanasan. 

Kalau sudah panas dengan suhu diatas rata-rata mending dicabut saja. Makanya kalau tidak yakin sambil dicas bisa ikutin trik ngecas yang bikin baterai lebih awet.

Menurut suatu penelitian, caranya itu dengan segera mengecas baterai kita sebelum terkuras habis dan juga jangan membiarkan baterai kita terisi sampai penuh sekali. Cara ini bisa dipakai karena selain bikin umur baterai jadi lebih awet tapi tetap bisa memaksimalkan kapasitas baterainya juga. 


Apa masih ada hal lain yang perlu diperhatikan agar baterai kita makin awet ? 

Faktanya masih ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan lagi. Tapi ibarat makanan maupun seawet apapun baterai ada kadaluarsanya juga. Jika umur makanan dihitungnya menggunakan hari, baterai itu dihitungnya pakai siklus pemakaian. 

Simplenya semua barang elektronik itu butuh dialirin sama listrik. Bayangin baterai kita dan juga bagian dalamnya. Waktu hp dan laptop kita menyalala, ada aliran listrik dari baterai untuk mengoprasikan semua sistem. Dan waktu ngecas baterai kita akan menggunakan energi dari stop kontak buat ngebalikin aliran listrik kearah semula. 

Satu siklus ini kehitung kalau keseluruhan listrik sudah berangkat ngalir lalu balik lagi. Biasanya baterai bisa bertahan sampai beratus-ratus siklus, jika dihitung bisa sampai beberapa tahun. 


Bicara soal baterai, benda satu ini (Lithium ion Battery) sudah mengusai dunia. Karena lihat saja kanan kiri kita sekarang apa saja sudah memakai baterai. Itu semua tak lepas dari peran dari Alessandro Volta yang menciptakan baterai pertama kali tahun 1725-1827. 

Mungkin awalnya baterai yang kita tahu cuma bisa buat menggerakan mobil-mobilan, tapi sekarang baterai sudah bisa menggerakkan mobil beneran. Bahkan bisa sampai ratusan Km jauhnya.

Sekarang baterai juga lagi terus dikembangkan supaya harapannya dimasa depan, kita bisa terbang diangkasa bersama pesawat bertenaga listrik.

Jadi jawaban dari ini semua, bisa-bisa saja baterai hp atau laptop dicas terus. Tapi ada kemungkinan buruknya juga, mending main aman saja dengan mengikuti trik mengecas yang sudah dijelaskan tadi. Akan tetapi semua kembali lagi dengan cara kita memakai barang-barang elektronik ini asal barang yang kita pakai bukan punya teman belum kita kembalikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel