-->

Kenapa Soal Sara Suka Bikin Orang Perang


cungkring.com : Sebagai orang Indonesia kita sering membanggakan betapa beragamnya negeri ini. Itulah juga kenapa kita diharuskan jaga kerukunan biar keragaman ini gak bikin berantem. Sampai-sampai banyak yang ngelarang untuk membahas SARA.

Apasih sih SARA ini..!! Kenapa kasusnya bisa berbuntut panjang dan bikin orang peran..!!


Pendeknya SARA adalah singkatan empat kata ini ( SUKU, AGAMA, ANTAR GOLONGAN, RAS). Keempat hal tersebut amat beragam di Indonesia. Sayangnya keragaman suku, agama, antar golongan dan ras yang harusnya jadi kebanggaan Indonesia malah kadang dipakai untuk saling menghina.

Saat bahas tentang sara orang bisa jadi sensitif, padahal bahas sara itu wajar-wajar saja dan malah penting buat kita bisa ngakuin dan menerima perbedaan. Jadi kenapa sih kita susah akur.

Simplenya banget ada sebuah teori yang menjelaskan fenomena ini. Teori ini menggambarkan gimana identitas kita terbentuk berdasarkan kelompok yang dekat dengan kita. Jadi setiap orang itu suka berkelompok, misalnya kita bertemu sekelompok orang yang dari suku, ras, agama dan golongan yang sama. 

Saat sudah bertemu kelompok ini jadi sumber rasa bangga dan harga diri kita. Saat identitas kelompok ini sudah melekat banget dalam hidup kita, biasanya kita akan mikir kalau kelompok kitalah yang terbaik. Tidak jarang caranya inilah yang membandingkan dengan kelompok lain. Bahkan sampai menjelek-jelekan kelompok lain. 

Sedihnya terkadang pandangan akan kelompok lain ini tidak ada dasarnya. Akhirnya dengan menumpuknya asumsi negatif, banyak kelompok yang saling tidak suka dan akhirnya berantem.

Perselisihan ini makin diperparah sama banyak faktor:
- Xenofobia
- Stereotipe
- Pegkambinghitaman
- Fanatisme

Jadi kalau kita tidak segera benerin negara yang diperjuangin sama para pahlawan kita, bisa-bisa negara ini tidak akan bertahan lama. 


Diseluruh dunia banyak konflik yang muncul berkaitan dengan hal-hal ini. Lebih sedihnya lagi di Indonesia juga makin sering muncul bibit-bibit perpecahan. Belakangan ini kita sering dengar berita tentang pelecehan suku dan ras tertentu di Indonesia.

Akhirnya kebencian antar kelompok-kelompok yang bedapun makin menjadi-jadi. Tentunya kita tidak mau Indonesia terpecah belah seperti ini.


Munculnya perbedaan dalam bermasyarakat itu wajar. Jadi tidak ada salahnya untuk kita saling memahami satu sama lain. 

Cara yang paling mudah adalah mempelajari kelompok yang berbeda dari kita. Ini bisa kita lakukan dengan mengobrol atau membaca, asal sumbernya terpercaya dan gak ngompor-ngomporin. 

Dengan begini kita bisa mengerti jalan pikiran mereka dan sadar kalau semua perbedaan yang kita punya memang tidak bisa dipungkiri. Dan toleransi dibutuhkan sekali untuk bisa menerima perbedaan dengan lebih lapang dada.


Jadi bahas SARA itu tidak ada salahnya, kalau dipikir-pikir justru malah baik, karena bikin kita jadi saling mengenal, tahu apa saja perbedaannya dan mencari titik temu yang enak buat semua orang. Asalkan ngebahasnya dengan tetap menunjukkan rasa hormat, berfikiran terbuka dan tentu saja bertoleransi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel