-->

Apa Yang Terjadi Kalau Seluruh Dunia Pakai Mata Uang Yang Sama


cungkring.com : Uang Menjadi benda yang banyak ditanggal muda tetapi menjadi mahluk mitos di akhir bulan. Tapi benda buat menghitung, jajan dan menyimpan kekayaan ini banyak jenisnya didunia. Karena nyatanya ada 180 mata uang berbeda-beda diseluruh dunia. Gimana kalau semua negara diseluruh dunia didetik ini juga pakai mata uang yang sama. Apa yang akan terjadi?

Pertama-tama bakalan ada satu bank pusat yang bikin dan ngatur uang untuk semua negara. Satu mata uang sendiri bakalan terasa banget efeknya terhadap negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Karena untuk perdagangan internasional, kita jadi tidak perlu kena harga tambahan tukar uang. Artinya tidak akan ada lagi cerita Rupiah kita melemah karena Rupiah dan Dollarnya akan jadi satu. 

Intinya mata uang yang stabil ini akan terasa sekali dampaknya, apalagi buat negara-negara yang pernah merasakan nilai mata uang yang super hancur seperti Zimbabwe. 

Jika semua tadi berbicara level negara, nyatanya efek yang paling terasa dari level paling kecil. Karena dengan membuat mata uang yang sama diseluruh dunia jelas saja buat kita tidak susah mengirim uang ke luar negri, belanja barang dari seluruh dunia atau tak perlu lagi repot menukarkan uang dan bahkan menghitung nilai mata uang Rupiah hari itu lagi saat jalan-jalan ke negara lain.

Semua akan terasa mudah sekali tapi sekilas kelihatan seperti rencana yang cemerlang, kenapa sampai sekarang kita belum menyatukan semua mata uang kita?

Jawabanya karena sebenarnya membuat mata uang didunia jadi satu itu punya lebih banyak bawa kerugian daripada keuntungan. Soalnya bayangin saja, gara-gara perekonomian negara-negara melebur jadi satu, kalau ada satu negara tiba-tiba mengalami krisis ekonominya itu bisa menggangu kestabilan ekonomi seluruh dunia.

Ibarat kita sakit gigi kepala kita ikutan jadi pusing, persendian ikut ngilu dan satu tubuh bakalan ikut tidak enak badan. Itulah yang terjadi saat krisir moneter ditahun 2008 yang bikin semua transaksi dunia yang pakai Dollar Amerika jadi kelabakan. 

Tapi sebenarnya dulu kita pernah punya mata uang dunia dalam bentuk logam mulia. Cuma semakin kesini orang semkin sadar betapa susahnya emas kalau jadi alat tukar. Akhirnya banyak negara bikin uang sendiri-sendiri.

Tidak seperti emas nilai uang ini bukan dilihat dari beratnya tapi disepakati oleh hukum pemerintahan. Inilah mengapa kita tidak punya mata uang seluruh dunia. Karena kita tidak punya dan belum akan punya pemerintahan dunia terpusat yang bertugas untuk menilai uangnya.

Nyatanya bikin seluruh dunia sepakat sama satu mata uang belum bisa terjadi. Mungkin sekarang masih menerima saja mata yang berbeda-beda. Tapi yang penting agar tidak pusing diwaktu jalan-jalan ke luar negeri sudah ada tekhnologi yang bikin tinggal pilih cara terbaik agar tidak perlu ribet menukarkan uang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel