-->

Cara Mengetahui Kecepatan Internet Anda


Koneksi internet yang cepat adalah harapan bagi semua pengguna internet, memungkinkan menjelajah di internet bisa tetap lancar tanpa adanya kendala. Saat ini rata-rata kecepatan internet untuk kartu seluler 4G di Indonesia adalah 20Mbps, yang mana itu sudah tergolong cepat.

Apakah kamu penasaran berapa total kecepatan internet yang digunakan sekarang? Untuk mengeceknya sangatlah mudah kok, dan ini membutuhkan layanan pihak ketiga untuk melakukannya supaya hasilnya lebih akurat.

Pada dasarnya mengetes kecepatan internet dapat dengan mudah dilakukan dengan cara mengunduh file di internet melalui browser. Biasanya kamu akan bisa melihat seberapa cepat proses unduhan tersebut. Namun itu masih kurang akurat jika dilihat dari banyak faktor. Maka dari itu artikel ini dibuat untuk membantu kamu mengetes kecepatan internet dengan mudah dan juga akurat.

Cara Tes Kecepatan Internet Secara Akurat

Walau ada banyak cara untuk mengetahui kecepatan internet, namun pada tutorial ini akan dibagikan cara yang terbilang praktis dan bisa diterapkan di komputer maupun di ponsel. Yang diperlukan hanyalah browser saja.

Silakan ikuti tutorial dibawah untuk memulai mengetes kecepatan internet yang kamu gunakan:
  • Buka situs web Speedtest.
  • Kemudian klik tombol Mulai.
  • Tunggu proses pengetesan selesai.
  • Lalu kamu akan bisa mengetahui hasilnya pada layar.

Mengapa metode ini akurat? Karena situs Speedtest memiliki fitur untuk menstimulasi jaringan, sehingga proses untuk mengetes unduhan bisa maksimal tanpa ada batasan. Selain itu server yang dipilih merupakan server paling terdekat dengan lokasi, sehingga latensi yang didapatkan bisa sangat rendah.

Tips Memaksimalkan Keakuratan Saat Mengetes Kecepatan Internet

Keakuratan hanya bisa didapatkan apabila koneksi internet hanya ditujukan pada saat proses testing saja. Tetapi apabila koneksi sedang digunakan oleh hal lain, pastinya proses pengetesan ini tidak bisa dibilang akurat.

Hal lain yang dimaksud pada kalimat diatas adalah sebagai berikut:

  • Membuka banyak tab pada browser.
  • Streaming musik atau video.
  • Mengunduh file.
  • Dan memperbarui aplikasi atau sistem.

Beberapa hal diatas sebaiknya dihindari terlebih dahulu ketika sedang mengetes kecepatan internet. Dengan begitu koneksi internet hanya tertuju pada situs Speedtest saja, sehingga kamu dapat mengetahui hasil akhirnya secara akurat.

Kesimpulan

Mengetahui kecepatan internet bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan situs web Speedtest. Selain itu ada pula layanan yang serupa, dan bahkan Google sendiri pun juga menyediakannya langsung pada mesin pencarinya.

Kelebihan dari situs Speedtest adalah pengguna bebas memilih server lokal untuk mengetes. Dan untuk membuat hasilnya semakin akurat, jangan lupakan poin tambahan diatas. Dengan begitu kamu bisa mengetahui persisnya kecepatan internet yang dipakai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel