-->

Sebaiknya Sekarang Beli Emas, Properti Atau Berbisnis?


cungkring.com : Sebaiknya sekarang beli emas, properti atau berbisnis?. Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering saya terima menjelang dan disaat pandemi.
 

Hal mendasar yang harus anda fahami sebelum beli emas/properti/investasi bisnis:

1. Tujuan anda berinvestasi sekedar untuk mengamankan nilai aset, cari untung atau ingin punya passive income?

2. Anda termasuk pebisnis/investor pemula atau sudah berpengalaman?

3. Apakah Anda siap rugi atau mau main aman?

4. Anda siap belajar ilmu bisnis/investasi atau mau tutup mata taunya aset bertambah walaupun lambat? 



Dari jawaban anda bisa kita kerucutkan tipe investasi yang tepat bagi anda:

1. Jika anda ingin mengamankan nilai aset/kekayaan dari inflasi (Hedge) maka belilah emas. Jika ingin untung banyak investasikan di bisnis atau saham, jika ingin passive income bisa di properti atau saham.

2. Jika anda minim ilmu bisnis dan investasi maka emas relatif aman. Karena walaupun naik turun tapi jangka panjang emas tetap naik harganya dan kecil kemungkinannya anda bangkrut gara gara beli emas. Walaupun kemungkinannya selalu ada biasanya anda beli emas di akhir krisis ekonomi dengan harga sangat tinggi dimana harga emas yang awal naik drastis tiba tiba anjlok lagi. 


Jadi timing atau pemilihan waktu yang tepat sangat penting dalam investasi. Tapi jika anda menyimpan emas dalam waktu lama misal 10 tahun maka anda pasti untung. Walaupun keuntungannya tidak sebanyak investasi di bisnis atau saham. Jika anda punya pengalaman atau ilmu bisnis tentu emas tidak terlalu menarik kecuali disaat-saat tertentu yaitu krisis ekonomi dimana terjadi inflasi dan kita perlu Safe Haven selain dollar. Selain itu kenaikan emas biasanya juga cukup tinggi.

3. Jika ada mau main aman silahkan beli emas (selain surat hutang atau deposito yg konservatif). Jika anda berani ambil resiko tentu investasi bisnis jauh lebih menarik karena keuntungannya tidak terbatas.

4. Kembali lagi seperti nomor 3 bahwa ketika anda berbisnis maka anda wajib berilmu dan selalu menambah ilmu. Jika anda tidak siap maka belilah emas.



Berapa persen dari total uang saya yang harus saya belikan emas atau properti?

Investasi yang terutama adalah diversifikasi. Secara umum uang yang saya belikan emas sekitar 5-30% dari total tabungan. Bagaimana saya menentukan berapa persentasenya?

Ada beberapa faktor:

Jika kondisi ekonomi bagus dan bisnis bertumbuh tentu porsi investasi bisnis diperbanyak. Jika situasi ekonomi atau politik memburuk misal krisis dan kerusuhan tentu emas lebih baik.

Kenapa sih investasi emas tidak lebih dari 30% ?

1. Karena walaupun emas itu termasuk liquid tapi tidak benar benar liquid atau cair. Misal anda punya emas 10 kg. Tiba tiba anda butuh uang mendesak misal terjadi kerusuhan, tentu tidak mudah menjualnya. Beda jika anda punya simpanan cash (dollar terutama jika di USA atau rupiah jika di Indonesia). Nah beda lagi jika simpanan emas kita hanya 10 gr pasti mudah menjualnya. Jadi banyak faktor penentu.

2. Karena prinsip utama investasi adalah diversifikasi. Jangan meletakkan telor dalam satu keranjang. Sebaiknya dibagi dengan saham, deposito, cash di rumah, dll. Bahkan jika beli emas pun sebaliknya diversifikasi misal: keping 1 gr, 5 gr, 10 gr, 20 gr, 50 gr. Jadi misal anda butuh uang sedikit gak perlu menjual seluruh emas 100 gram anda. Bahkan kepingan kecil bisa langsung digunakan untuk transaksi ketika emergency.

3. Karena investasi emas tidak terlalu tinggi keuntungannya dibandingkan investasi bisnis/saham/bitcoin/surat hutang, dll. Tentu resikonya juga berbeda.

4. Emas hanya memberikan keuntungan ketika dijual, berbeda dengan bisnis atau properti yang bisa menghasilkan keuntungan dari profit dan sewa.



Kapan waktu tepat beli emas?

Saat kita ada uangnya. Gak usah nunggu harga turun karena beli emas tujuan utamanya bukan cari untung jangka pendek seperti berbisnis. Tapi untuk jangka panjang. Jadi seandainya nanti harga emas turun pasti naik lagi.



Kapan saat yang tepat beli properti?

Tunggu setelah pertengahan resesi banyak harga ditawarkan dibawah harga standar.



Kapan saat mulai berbisnis?

Kapanpun jika jeli selalu ada opportunity bahkan saat resesi pun melahirkan milyarder baru. 



Emas seperti apa yang sebaiknya dibeli?

Sebaiknya emas yang dibeli adalah batangan (bar gold) atau coin (bullion) karena harga produksinya murah. Jika anda beli perhiasan maka harga jual kembali jauh lebih murah karena dipotong harga produksi dan biasanya kadar emasnya pun rendah.



Emas batangan atau coin apa yang sebaiknya dibeli ?

Anda bisa membeli Antam, atau jika anda mau yang bisa diperjualbelikan secara internasional maka pilihan saya pribadi adalah PAMP Suisse Lady Fortuna goldbar (cantik desainnya), Valcambi Combibar (bisa dipotong sendiri jadi 1 gram). 


Untuk gold coin maka favorit saya adalah American Gold Eagle, Kanadian Maple leaf  (cantik desainnya mudah dijual kembali di USA) dan South African Krugerrand Coin (paling mudah jualnya secara internasional). 

Dan jenis jenis gold bar/coin diatas juga sangat populer secara global jadi dijamin gak susah jualnya walaupun anda sedang traveling ke negara lain. Ada juga lainnya yg terkenal dan mudah dijual lagi seperti Perth Mint Gold Swan Coin, Chinese Gold Panda Coin, dll tapi secara pribadi saya kurang suka. 


Jika punya banyak emas dirumah rasanya tidak seaman uang di bank tapi pingin beli emas, bagaimana solusinya?

- Sewa kotak deposit di bank
- Beli brankas
- Sewa gudang penyimpanan internasional (misal di Swiss, Toronto, Singapura, dll).


Kira kira begitu jawaban pertanyaan soal emas, bisnis dan properti di saat pande
mi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel