-->

Pertolongan pertama pada penderita Asma


cungkring.com : Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pertolongan pertama pada penderita asma atau sesak nafas. Asama adalah sebuah penyakit yang sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus.

Penyakit ini bisa membuat seseorang menjadi sangat panik apabila orang tersebut belum berpengalaman tentang penyakit ini. Disini kita akan membahas tentang pertolongan pertama pada penderita asma yang sedang kambuh dan kebetulan tidak membawa obat asma.

Saya sendiri pernah mengalami hal ini dan ini menjadi sangat panik buat saya karena melihat asma seseorang yang sedang kambuh dan kesulitan untuk bernafas. Jika anda sudah tidak sabar, silahkan simak dengan baik.

Pertolongan pertama pada penderita asma:


1. Carilah tempat yang nyaman dan sejuk kemudian bawa penderita ketempat tersebut.

2. Posisikan penderita dalam keadaan setengah duduk dan sambil bersandar ditembok. Pada bagian leher berikan bantal agar terasa lebih nyaman. Jangan sekali-kali memposisikan penderita dalam keadaan berbaring atau tidur.


3. Tetaplah tenang, rileks dan santai, karena jika anda panik itu akan memperburuk keadaan.

4. Berilah minum air hangat walaupun hanya sedikit, karena ini akan membantu penderita untuk merasa lebih rileks.


5. Minta penderita untuk bernafas dalam dan bertanya apakah dia membawa persediaan obat yang ada. 

6. Bantu penderita untuk mengkonsumsi obatnya, baik ditelan maupun disemprot dan pantau apakah serangan mereda. 

7. Jika serangan mereda namun belum sepenuhnya atau malah tidak mereda segeralah bawa kedokter atau ugd terdekat untuk menjalani pengobatan yang cocok.

Beberapa hal diatas adalah pertolongan pertama pada penderita asma. Cara ini bisa dijadikan pengalaman ketika anda menemui penderita asma yang sedang kambuh atau mengalami kesulitan bernafas.

Sekian informasi kali ini. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel