-->

Kenali Ciri-Ciri Kemandulan Pada Pria Dan Wanita


cungkring.com : Kali ini kita akan membahas ciri-ciri kemandulan pada pria dan wanita. Kemandulan ialah proses gagalnya sel telur dengan sperma atau tidak terjadi pembuahan. Namun jangan sedih dulu, kalau misalnya biasnya baru awal menikah kemudian tidak langsung mendapatkan anak, belum tentu itu disebabkan kemandulan. 

Biasanya kemandulan itu apabila kamu sudah melakukan hubungan sexual secara berturut-turut selama kurang lebih satu tahun, kemudian kamu mengalami kegagalan dalam pembuahan, itu baru disebut kemandulan.


Ciri-ciri kemandulan pada pria:

Kalau ciri-ciri secara fisik sih, untuk kemandulan tidak dapat dilihat begitu saja, tapi biasanya kalau dari ciri-ciri sexual itu bisa terlihat. Misalnya salah satunya tumbuh rambut pubis di rambut kemaluan laki-laki, kadang tipis atau kadang juga tidak ada, itu biasanya terjadi karena gangguan hormonal.

Kemudian bisa juga gangguannya pada testis atau buah zakar, biasanya buah zakarnya salah satu tidak ada atau tidak normal sejak lahir, kemudian bisa juga apabila terjadi pembengkakan atau kemerahan pada buah zakar kemudian bisa juga apabila terlihat buah zakar lebih kecil daripada lelaki kebanyakan juga bisa.

Selanjutnya biasanya pasien-pasien yang mengalami obesitas atau kegemukan, kemudian bisa juga pada pria perokok, pria yang hidup dengan kurang teratur atau tidak ber olahraga secara rutin dan kemudian ada beberapa penyakit penyerta misalnya, memiliki riwayat keluarga yang memiliki kemandulan juga, ada juga penyakit pada sperma dan juga biasanya yang paling sering itu adanya trauma atau kecelakaan yang terjadi pada daerah kemaluan.


Penyebab kemandulan pada pria biasanya yang paling sering gangguan pada testis, itu tadi yang saya bilang ya bisa terjadi karena ada infeksi testis misalnya, kemudian terpelintirnya testis itu juga bisa menyebabkan kemandulan karena testis itu adalah tempat membentuknya sperma. Jadi apabila proses pembentukannya saja sudah tidak baik, biasanya tidak akan dapat mengeluarkan atau yang kita sebut dengan enjakulasi secara tepat dan tidak dapat menyebabkan sperma itu kualitasnya baik.

Biasanya yang paling berpengaruh pada proposi tubuh itu adalah kualitas dari sperma, jadi sperma itu kan kita mencari yang cepat, kemudian bisa sampai ke sel telur dengan tepat dengan kualitas yang baik. Kadang-kadang kalau misalnya berpengaruh sama obesitas itu biasanya gerakan spermanya lebih lambat, kemudian bentuk spermanya yang kurang sempurna, misalnya tidak ada kepala hanya ekor saja. Nah itu tidak bisa terjadi pembuahan.


Ciri-ciri kemandulan pada wanita:

Kalau wanita biasanya ciri-ciri kemandulannya yang pertama kadang wanita ini memiliki siklus menstruasi yang kurang teratur. Jadi biasanya dalam tiga bulan atau dalam satu tahun kadang menstruasinya agak terlalu lama, biasanya kan lima sampai tujuh hari tapi ini bisa sampai sepuluh bahkan limabelas hari.

Kemudian siklus mentruasi yang satukali mentruasi itu pendarahannya banyak jadi bisa sampai beberapa kali ganti pembalut. Selanjutnya bisa juga adanya timbulnya pendarahan di sela atau di jenjang antara siklus mentruasi yang satu dengan siklus menstruasi yang lain. Nah itu kalau sampai ada pendarahan biasanya penyebab untuk penyakit lainnya misalnya sepert Miom, Kanker, itu bisa menyebabkan beberapa kemandulan.

Terus kalau misalnya sama pada fisiknya, kalau pada organ kewanitaan biasanya rambut pubisnya sedikit atau cenderung botak. Kemudian wanita dengan obesitas itu juga bisa, kemudian beberapa wanita misalnya terlalu sering bekerja atau terlalu keletihan itu juga dapat menyebabkan penurunan dari produksi sel telurnya.


Penyebab kemandulan pada wanita biasanya paling sering itu adalah hormonal jadi dari siklus menstruasi sih ya yang paling sering bisa kita lihat dan mungkin kita bisa perbaiki. Nah jadi yang pertama itu kalau misal kita lihat siklusnya tadi dalam tiga bulan berturut-turut itu ada salah satu siklus yang diluar normal maka harus segera di konsultasikan ke Dokter. Salah satu penyebab kemandulan itu bisa juga disebabkan oleh penyakit Endometriosis (Penyakit Rahim).

Endometriosis adalah seperti rahim yang berada diluar rahim. Jadi bisa aja pembuahan itu terjadi dimana saja salah satunya endometriosis ini. Nah kemudian hal yang lain bisa terjadi di tubafalopi, jadi pembuahan terjadi pada saluran pada saat menuju ke rahim, sebenarnya terjadi pembuahan tetapi kadang bisa menyebabkan namanya KET (Kehamilan Ektopik) atau kehamilan luar rahim. Hal tersebut bisa menyebabkan kegagalan dari pembentukan janin.


Yang harus di lakukan kalau mengalami gejala kemandulan:

Apabila sudah ada beberapa gejala-gejalanya tentu saja harus datang ke Dokter untuk dilihat apakah ada resiko-resiko yang dapat menyebabkan kemandulan. Kemudian bisa juga periksa ke Dokter Spesialis Fertilitas, jadi melihat apakah yang bisa dilakukan selanjutnya untuk pemeriksaan apabila memang benar-benar terjadi kemandulan bisa dilakukan juga beberapa pemeriksaan, sehingga bisa direncanakan untuk misalnya seperti bayi tabung atau beberapa pemeriksaan lainnya untuk mempermudah.

Jadi kemandulan itu bukan berarti kita tidak bisa hamil, apalagi pada wanita ya, tentu saja bisa kadang-kadang suka sedih. Itu biasanya kemandulan bisa terjadi karena tidak bertemunya perma dengan sel telur, jadi misalnya sel telurnya sudah siap tetapi sperma yang di keluarkan oleh laki-laki tidak samapi pada sel telur itu juga bisa menyebabkan kemandulan. 

Jadi bukan berarti laki-laki itu tidak bisa mengeluarkan sperma. Kemudian sama juga saat spermanya sudah datang ternyata masa opulasinya atau masa pengeluaran sel telur dari wanita ternyata belum saatnya. Jadi kita harus berkonsultasi lebih jauh dengan dokter apabila memang dalam satu tahun telah dicoba berbulan-bulan tidak bisa wajib di konsultasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel