Pengertian Uterus (Rahim)

cungkring.com : Uterus adalah organ yang tebal, berotot, berbentuk buah pir, terletak didalam pelvis, antara rektum dibelakang dan kandung kencing di depan. Ototnya disebut miometrium dan selaput lendir yang melapisi sebelah dalamnya disebut endometrium.

Peritonium menutupi sebagian besar ( tidak seluruhnya) permukaan luar uterus. Letak uterus sedikit anteflexi pada bagian lehernya dan anteversi (meliuk agak memutar ke depan) dengan fundusnya terletak di atas kandung kencing. Dibawah bersambung dengan vagina dan di sebelah atasnya tuba uterina masuk kedalamnya.

Ligamentum latum uteri dibentuk oleh dua lapis peritoneum; disetiap sisi uterus terdapat ovarium dan tuba uterina. Panjang uterus adalah 5 sampai 8 sentimeter, dan beratnya 30 sampai 60 gram. Uterus terbagi atas tiga bagian berikut:

Fundus, bagian cembung diatas muara tuba uteria, Badan Uterus melebar dari fundus ke servix, sedangkan antara badan dan servix terdapat istmus.



Bagian bawah yang sempit pada uterus disebut servix. Rongga servix bersambung dengan rongga badan uterus melalui os interna (os=mulut) dan bersambung dengan rongga vagina melalui os externa. 

Ligamen-ligamen pada Uterus. Ligamentum teres uteri ada dua buah, di sebelah kiri dan sebelah kanan sebuah, terdiri atas jaringan ikat dan otot , berisis pembuluh darah dan ditutupi peritoneum. Ligamen ini berjalan dari sudut atas uterus, ke depan dan ke samping, melalui anulus inguinalis profundus ke kanalis inguinalis. Setiap ligamen panjangnya 10 sampai 12,5 sentimeter.

Peritoneum melipat di antara badan uterus dan kandung kencing di depannya, membentuk kantong utero-vesikuler. Disebelah belakang, peritoneum membungkus badan dan servix uteri dan melebar ke bawah sampai fornix posterior vagina, selanjutnya melipat di depan rektum dan membentuk ruang rekto-vaginal ( Douglas).

Ligamen lebar (Ligamen Latum Uteri). Peritoneum yang menutupi uterus, di garis tengah badan (korpus) uterus melebar ke lateral pada setiap sisi uterus sampai dinding pelvis, membentuk ligamen lebar. Didalam tepi bebas ligamen lebar ini terdapat tuba uterina.

Ovarium di ikat pada lapisan posterior ligamen lebar, yang sebenarnya mesenterium uterus dan mesenterium tuba uterina, dan karena itu berisi darah dan saluran limfe untuk uterus maupun untuk ovarium.

Fungsi Uterus. Untuk menahan ovum yang telah dibuahi selama perkembangan. Sebutir ovum, sesudah keluar dari ovarium, diantarkan melalui tuba uterina ke uterus. (Pembuahan ovum secara normal terjadi di dalam tuba uterina). Endometrium disiapkan untuk penerimaan ovum yang telah dibuahi itu, dan ovum itu sekarang tertanam di dalamnya.

Sewaktu hamil, yang secara normal berlangsung selama kira-kira 40 minggu, uterus bertambah besar, dindingnya menjadi tipis tetapi lebih kuat dan membesar sampai keluar pelvis masuk kedalam rongga abdomen pada masa pertumbuhan fetus.

Pada waktu saatnya tiba dan mulas tanda melahirkan mulai, uterus berkontraksi secara ritmis dan mendorong bayi dan plasenta keluar kemudian kembali ke ukuran normalnya melalui proses yang dikenal sebagai involusi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel