5 Makanan Wajib Dihindari Penderita Asam Urat



cungkring.com :  Salah satu penyebab meningkatnya kadar asam urat yaitu mengkonsumsi makanan mengandung kurin. Jadi untuk menghindari rasa tidak nyaman, seperti nyeri pada persendian, memiliki asam urat tinggi wajib membatasi atau menjauhi makanan dengan kandungan zat tersebut.

Adapun makanan yang mengandung kadar kurin tinggi yaitu:

1. Makanan Laut
Anda penyuka makanan laut! mulai sekarang cobalah untuk membatasi pengkonsumsiannya atau bahkan dijauhi karena makanan laut kaya akan kurin. Jenis-jenis makanan laut yang tidak bersahabat bagi penderita asam urat tinggi antara lain, kerang ikan asin, ikan teri, sarden, makarel, tiram, udang, lobster dan kepiting.

2. Jeroan
Untuk jenis makanan ini anda disarankan untuk menjauhinya, karena jeroan seperti hati dan organ dalam lainnya memiliki kandungan kurin tertinggi.

3. Beer
Minuman ini mengandung kurin dan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah, selain itu beer bisa menyebabkan dehidrasi yang mana memicu datangnya rasa nyeri pada penderita asam urat tinggi.

4. Gula Dan Fruktosa
Meski kadar kurin dalam gula tergolong rendah anda tetap disarankan untuk berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Hindari pula mengkonsumsi minuman yang mengandung fruktosa karena dapat meningkatkan kadar asam urat anda. Jika anda ingin memanjakan lidah dengan sesuatu yang manis, anda bisa mengkonsumsi buah-buahan yang segar.

5. Daging
Kandungan kurin dalam makanan ini masih tergolong sedang, jadi anda bisa mengkonsumsi daging sapi, daging unggas maupun daging kambing yang semuanya tanpa lemak paling banyak 170 gram setiap harinya.

Terakhir ada beberapa jenis sayuran yang juga memiliki kandungan kadar kurin tinggi seperti bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong dan juga jamur. Namun menurut penelitian, mengkonsumsi kurin yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat tinggi. Artinya resiko terkena serangan ulangannya tidak meningkat.
Meski begitu disarankan untuk tetap membatasi jumlah yang masuk ke dalam tubuh anda.

Nah itulah 5 pantangan makanan bagi penderita asam urat tinggi. Menjauhi makanan pantangan pantangan asam urat bisa membantu tubuh dalam menurunkan kadarnya dalam darah anda.

Rematik asam urat yang anda derita memang tidak bisa disembuhkan dengan hanya menjauhi makanan ini. Namun hal ini mungkin bisa menurunkan resiko anda terkena serangan asam urat berulang yang membuat tubuh nyeri sekaligus memperlambat kerusakan pada persendian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel