-->

Pengertian Dan Fungsi Pankeas


cungkring.com : Pankreas adalah kelenjar majemuk bertandan, strukturnya sangat mirip dengan kelenjar ludah. Panjangnya kira-kira limabelas sentumeter, mulaidari duodenum sampai limpa, dan dilukiskan sebagai terdiri atas tiga bagian.

Kepala pangkreas yang paling lebar, terletak disebelah kanan rongga abdomen dan di dalam lekukan duodenum, dan yang praktis melingkarinya.

Badan pankreas merupakan bagian utama dari organ itu dan letaknya dibelakang lambung dan didepan vertebrata lumbalis pertama.

Ekor pangkreas adalah bagian yang runcing disebelah kiri, dan yang sebenarnya menyentuh limpa.

Jaringan pankreas terdiri atas lobula daripada sel sekretori yang tersusun mengitari saluran-saluran halus. Saluran-saluran ini mulai dari persambungan saluran-saluran kecil dari lobula yang terletak didalam ekor pankreas dan berjalan memalui badannya dari kiri ke kanan.

Saluran-saluran kecil ini menerima saluran dari lobula lain dan kemudian bersatu untuk membentuk saluran utama, yaitu duktus Wirsungi.

Fungsi: Pankreas bisa disebut sebagai organ rangkap, mempunyai dua fungsi. Fungsi exokrine dilaksanakan oleh sel seksetori lobulanya., yang membentuk getah pankreas dan yang berisi enzim dan elektrolit. 

Cairan pencerna itu berjalan melalui saluran exkretori halus dan akhirnya dikumpulkan oleh dua saluran, yaitu yang utama disebut duktus Wirsungi dan sebuah saluran lain, yaitu duktus Santorini, yang masuk kedalam duodenum. Saluran utama bergabung dengan saluran empedu di Ampula Vater.

Pankreas dilintasi oleh syaraf vagus, dan didalam beberapa menit setelah mencerna makanan, arus getah pankreas bertambah. Kemudian, setelah isi lambung masuk kedalam duodenum, maka dua hormon, sekretin dan pankreozimin dibentuk di dalam mukosa duodenum dan yang kemudian merangsang arus getah pankreas.




Fungsi endrokim Tersebar diantara alveoli pankreas lihat gambar diatas. terdapat kelompok-kelompok kecil sel epitelium, yang jelas terppisah dan nyata. Kelompok-kelompok ini adalah pulau-pulau kecil atau kepulauan Langerhans, yang bersama-sama membentuk organ endokrin. Pensyarafan dipati dari syaraf vagus dan persediaan darah dari saluran kapiler besar.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel