-->

Berbagai Sistem Dalam Tubuh


cungkring.com : Anatomi sistematik atau pembagian tubuh dalam sistem-sistem disusun (a) sesuai dengan fungsinya dan (b) dibawah istilah yang dipakai untuk menunjukkan ilmu yang mempelajari bagian-bagian tertentu.

Osteologi  ialah ilmu pengetahuan tentang tulang.
Arthrologi  ialah ilmu pengetahuan tentang sendi.
Miologi  ialah ilmu pengetahuan tentang otot.
Splankhologi  ialah ilmu pengetahuan tentang organ atau visera (alat dalam).
Neurologi  ialah ilmu pengetahuan tentang saraf dan struktur syaraf.

Bila dikelompokkan menurut fungsi, maka susunan umumnya ialah seperti berikut:

Sistem Lokomotrik ini mencakup bagian-bagian bersangkutan dengan gerak tubuh. Sistema kerangka mencakup tulang-tulang, tulang rawan dan membran tertentu. Sistema artikulatorik yang berkenaan dengan sendi dan sistema otot-otot yang mencakup otot, fasia dan tendon.

Sistem pembuluh darah mencakup sistem sirkulasi dan sistem aliran limfe. Darah merupakan sistem tranpor yang utama. Darah dipompa mengitari tubuh oleh jantung, oksigen dibawa paru-paru dan karbondioksida dikumpulkan oleh jaringan. Makanan disalurkan melalui hati dan kemudian masuk sirkulasi umum. Produk yang tidak diperlukan disalurkan ke ginjal.

Sistem pencernaan terdiri saluran pencernaan beserta kelenjar dan organ daripadanya. Makanan dipecahkan oleh enzim dalam saluran pencernaan dan diangkut oleh darah ke hati dan akhirnya ke jaringan.

Sistem pernapasan terdiri atas saluran dan organ yang behubungan dengan pernapasan. Oksigen dari udara diambil dan dimasukkan ke darah, kemudian diangkut oleh jaringan. Produk yang tidak perlu, karbon dioksida(CO2), diangkut oleh darah dari jaringan tubuh ke paru-paru dan dinapaskan keluar oleh udara

Kelenjar buntu dikelompokkan bersama karena sekresi yang dihasilkan disalurkan langsung ke darah atau organ pemakai. Adakalanya limpa dimasukkan dalam kelompok ini, sebab ia juga tidak mempunyai saluran. Meskipun setahu kita kelenjar ini tidak menghasilkan sekresi.Ia berkenaan dengan pembentukan sel darah merah.

Sistem urogenital mencakup organ sistem urinari dan sistem reproduksi. Hasil buangan dari tubuh kecuali karbon dioksida diekskresikan oleh ginjal.

Sistem saraf terdiri atas susuan saraf pusat, yang mencakup otak dan susm-sum tulang belakang, sistem saraf periferi atau susunansaraf tepi terdiri atas urat-urat saraf yang berasal dari otak dan sumsum belakang dan sistem saraf otonom. Sistem pusat dan periferi sering dikelompokkan bersama dan dilukiskan sebagai sistem saraf serebrospinal. Sistem saraf otonom mencakup saraf simpatik dan parasimpatik.

Panca indra mencakup perasaan, penciuman, penglihatan dan pendengaran dan juga fungsi raba dari kulit. Melalui organ-organ ini individu dapat berjaga-jaga terhadap kekuatan luar dan dengan demikian mampu melindungi dirinya sendiri. Seekor anak ayam yang sadar akan bunyi lalu lintas akan lari atau terbang mencari selamat.

Sistem ekskretorik ialah istilah yang adakalanya dipakai untuk melukiskan secara kolektif organ yang berkenaan dengan ekskresi dari produkm uangan berasal dari tubuh. Dalam organ-organ ini masuk sistem urinari, paruparu dalam fungsinya mengurangi karbon dioksida dan kolon yang mengekskresikan ke dalam tinja bahan tertentu yang tidak dapat larut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel