Apa Itu Urtikaria


Definisi.

Urtikaria ialah erupsi pada kulit berupa daerah merah yang membengkak, berbatas tegas, hilang timbul dan sangat gatal.

Patologi.

Ederma pada kulit, terutama didaerah papil dan subpapil korium. Terdiri dari serum, limfosit sel polinukleus dan eosinofil. Tampa juga pelebaran pembuluh darah dan limfe. Rasa gatal timbul karena ujung syaraf kulit yang superfisial turut terserang.

Patofisiologi.

Oleh karena terdapat antingen, maka tubuh membentuk zat anti (reangin) yang dalam hal ini tergolong dalam IgE. Zat anti ini akan meliputi permukaan sel basofil dan sel mast disekitar pembuluh darah, sehingga sel tersebut menjadi peka (sensitized). Pada kontak dengan antigen berikutnya terjadilah reaksi antingen-antibody yang akan mengakibatkan  sel tersebut melepaskan histamin. 

Akibatnya terjadi pelebaran dan peninggian permeabilitas pembuluh darah, sehingga serum, limfosit, sel polinukleus dan eosinofil keluar dari pembuluh darah. Sebagai akibat reaksi antingen-antibody tersebut, dilepaskan pula mediator lain seperti slow reacting subtance of anaphylaxis (SRSA), kinin (bradikinin dan serotonin) Sel mast dan basofil dapat pula melepaskan histamin atas dasar nonimunologis, misalnya trauma, tekanan cahaya dingin dan obat-obatan tertentu.

Gejala klinis.

Besarnya erupsi sangat bervariasi, yaitu dapat berdiameter 1-20cm. Lesi dapat hanya sedikit, tetapi dapat pula mengenai hampir seluruh tubuh. Bentuknya bulat, tetapi dapat pula berpseudopoda. 


Timbulnya lesi disertai rasa gatal terutama pada permulaan. Lesi dapat menghilang setelah beberapa menit atau beberapa jam tanpa meninggalkan bekas. Serangan biasanya berlangsung beberapa jam sampai beberapa hari. Bila berlangsung lebih dari 6 minggudisebut kronis dan hal ini biasanya ditemukan pada orang dewasa.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel