Pengertian,Tujuan Pola Hidup Sehat


cungkring.com : Pola hidup sehat selalu dikaitkan dengan faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan kita. Seperti makanan, olahraga, kebersihan, dan lain-lain. Makanan bergizi, olahraga teratur, kebrsihan tubuh dan lingkungan itu semua merupakan suatu hal yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan kita. Lantas apa pengertian pola hidup sehat, tujuannya, dan bagaimana cara melakukan pola hidup sehat?

Pengertian Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah suatu pola/ gaya hidup yang meperhatikan segala ketentuan, aspek, faktor-faktor yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Aspek-aspek tersebut yaitu gizi/ nutrisi, kebersihan tubuh, kebersihan lingkungan, olahraga dan lain-lain.

Tentu saja memiliki jasmani yang sehat dan bugar adalah keinginan kita semua sebagai manusia agar dapat melakukan semua kegiatan dengan maksimal serta dapat melewati seluruh hambatan. Dengan tubuh yang sehat, kinerja kita menjadi lebih mantap. Sedangkan jika tubuh kita kurang sehat maka hal itu dapat mengurangi kinerja kita.

Tujuan Pola Hidup Sehat 

Tujuan dari  pola hidup sehat tentunya adalah untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang ideal dan menjaga kesehatan tubuh supaya tidak terserang penyakit. Dengan mendapatkan tubuh yang sehat, banyak hal yang dapat dilakukan dengan maksimal. Tentunya tujuan ini akan dapat tercapai jika kita melakukan langkah langkah yang tepat.
Langkah-Langkah Melakukan Pola Hidup Sehat

Ada beberapa langkah atau kegiatan yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk mencapai tujuan pola hidup sehat, di antaranya  yaitu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, olahraga teratur, istirahat, lingkungan bersih, tubuh bersih, pola pikir yang baik dan lain-lain.

1. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi
Makanan yang baik bagi tubuh merupakan makanan yang menyediakan nutrisi cukup untuk tubuh. Untuk itu perlu kita ketahui makanan yang diperlukan oleh tubuh.

Makanan sehat
Makanan yang dikategorikan sebagai makanan sehat adalah makanan yeng menyediakan nutrisi yang mencukupi kebutuhan tubuh dan tidak mengandung unsur-unsur zat yang mengandung racun atau bibit penyakit. Contoh zat yang diperlukan tubuh yaitu sumber tenaga, zat pembangun, zat pengatur dan lain sebagainya. Perlu diperhatikan juga tentang pola makan. Meskipun nutrisi makanan sudah mencukupi tapi pola makan buruk tentunya akan mempengaruhi kesehatan kita.

Minuman sehat
Air minum yang sehat merupakan air minum yang memenuhi kecukupan kebutuhan mineral dalam tubuh. Air minum yang sehatberarti air minum yang bebas atau terhindar dari bibit penyakit dan racun. Kita perlu memperhatikan unsur-unsur apa saja yang terdapat suatu jenis minuman. Apakah minuman itu baik atu tidak bagi tubuh kita. Atau apakah minuman itu bersih atau tidak.

Berikut ini ada beberapa syarat air yang bersih dan sehat.
1) Jernih dan tak berwarna, tak berbau, tak berasa (asin, asam, manis, getir, pahit) atau disebut air yang memenuhi persyaratan fisis.
2) Tidak mengandung za-zat berbahaya bagi tubuh seperti tembaga, seng, racun dan alkohol.
3) Tidak mengandung bibit penyakit, semisal, disentri dan tifus.
4) Memenuhi persayaratan kimiawi.
5) Mengandung mineral yang cukup bagi tubuh.


2. Olahraga
Olahraga merupakan kegiatan yang sangat mudah dilakukan tetapi banyak orang yang sering mengabaikannya. WHO merekomendasikan untuk orang dewasa yang sehat perlu berolahraga 150 menit dalam seminggu. Hal itu dapat dilakukan setiap hari selama 20-30 menit. Banyak olahraga ringan dan murah yang dapat dilakukan seperti jalan, lari, jogging, senam, push up, sit up, dan lain sebagainya.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup memiliki dampak baik bagi kesehatan kita. Dengan istirahat yang cukup membuat pikiran kita menjadi lebih fresh dan dapat bekerja secara optimal. Istirahat juga dapat mengembalikan tenaga kita yang telah terpakai. Kuantitas tidur yang baik adalah tidur malam selama 6 sampai 7 jam setiap harinya.

4. Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan
Tentu, kebersihan adalah hal pokok yang wajib diperhatikan. Kita dapat menjaga kebersihan tubuh kita agar bersih dari bakteri dan kuman serta terhindar dari berbagai penyakit. Kita dapat menjaga kebersihan tubuh dengan cara mandi, menggosok gigi, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan lain-lain.

Tidak lupa juga menjaga kebersihan lingkungan sekitar supaya tidak menjadi sarang nyamuk dan hewan lain yang dapat membawa bibit penyakit. Dapat dilakukan dengan cara menyapu, mengepel, membersihkan air yang menggenang, dan lain sebagainya.

5. Berpikir Positif dan Optimis

Hal sekecil ini patut diperhatikan karena pola pikir sangat mempengaruhi kesehatan kita. Dengan selalu berpikir positif dan optimis tentunya mental kita menjadi semakin baik sehingga menambah kualitas kesehatan tubuh kita.

Kesimpulan
Nah itu tadi sedikit informasi mengenai pola hidup sehat. Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman dan dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel