Cara Mencegah Infeksi Virus

cungkring.com : Saat ini kondisi dunia sedang genting akibat dari persebaran virus Corona yang hampir tersebar hingga seluruh negara di bumi. Banyak korban yang telah terinfeksi virus tersebut, ada banyak yang sudah meninggal dan ada juga yang sudah sembuh total dari infeksi virus tersebut.

 

Sebenarnya makhuk apakah virus itu sehingga bisa menyebabkan keadaan negara-negara di dunia menjadi seperti ini. Menurut wikipedia Virus adalah mikroorganisme patogen yang menginfeksi sel makhluk hidup. Virus hanya dapat bereplikasi di dalam sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan seluler untuk bereproduksi sendiri. 

Semua bentuk kehidupan dapat diinfeksi oleh virus, mulai dari hewan, tumbuhan, hingga bakteri dan arkea. Istilah virus biasanya digunakan pada jenis virus yang menginfeksi sel-sel eukariota, sementara virus yang menginfeksi sel prokariota seperti bakteri dan arkea dikenal sebagai bakteriofage.
 

Bagaimana sih caranya agar tubuh kita terhindar dari infeksi virus? Ada beberapa cara mencegah agar tubuh kita tidak terinfeksi virus.


1. Usahakan menghindari orang lain.
Virus sangat menular, artinya Anda dapat menularkan virus kepada orang lain dan membuat mereka sakit juga. Berada di dekat orang lain juga meningkatkan risiko Anda terekspos pada mikroorganisme lain seperti bakteri yang membuat sakit Anda lebih parah. 


Jika Anda yang terinfeksi virus maka hindari dengan kerumunan agar tidak menyebar dan gunakanlah masker. Tapi, jika ada teman, tetangga, atau orang lain yang terinfeksi virus maka Anda juga jangan dekat-dekat dengan mereka atau jika ingin berinteraksi gunakanlah jarak yang aman. Setelah itu, cucilah tangan Anda dengan hand sanitizer.


2. Perbanyak makan sayur dan buah.
 Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.



3. Istirahat yang cukup.
 Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia Anda. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.



4. Rutin berolahraga.
Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Banyak olahraga yang dapat kita lakukan seperti lari, joging, jalan kaki, bersepeda, renang dan lain-lain. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki.



Kesimpulan
Jadi, dengan melakukan pola hidup sehat berdasarkan cara-cara di atas tubuh kita akan terhindar dari infeksi virus. Dengan terpenuhinya nutrisi, istirahat yang cukup, serta olahraga yang rutin akan membuat tubuh kita menjadi bugar dan sistem imun tubuh kita akan semakin kuat sehingga terhindar dari infeksi virus dan berbagai macam penyakit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel