-->

Diam Itu Emas


cungkring.com : Diam itu emas. Kenapa masalahmu tidak bisa terselesaikan. Mungkin kamu terlalu banyak bicara dan terlalu banyak mengeluh. Kamu menganggap masalahmu lebih besar daripada orang lain, padahal bisa saja masalah mereka jauh lebih besar daripada masalahmu. Tapi mereka tidak banyak bicara dan mengeluh seperti kamu.

Apa gunanya anda berbicara tentang masalahmu kepada orang lain. Apa gunanya anda menuliskan masalahmu dimedia sosial. Percayalah, orang lain itu hanya penasaran, bukan karena mereka perduli.

Ketika masalah datang terkadang lebih baik diam daripada menjelaskan apa yang kita rasakan. Karena akan sangat menyakitkan, karena mereka hanya bisa mendengar tapi tidak bisa mengerti.

Saat kamu lagi marah, diamlah. Karena diam itu bisa mencegah kamu untuk menyakiti hati orang lain dengan kata-katamu. Saat kamu lagi marah, diamlah. Daripada harus mengucapkan kata-kata tanpa makna.

Diam, bukan tanda kita tidak tahu. Diam, bukan juga definisi sebuah kebodohan. Tapi diam bermakna bahwa kamu matang lebih bijak berfikir mana yang baik untuk kamu dan juga untuk orang lain.

Ketika masalah terjadi, diamlah sejenak, tahan mulutmu untuk berbicara. Karena berbicara saat marah justru akan memperkeruh situasi. Tahan jarimu untuk menulis dimedia sosial, karena menulis status pada saat marah, yang akan kamu tulis hanyalah sampah.

Memang kamu butuh tempat untuk mengadu. Kepalamu sudah tidak sanggup menanggung semua masalahmu. Tapi apakah menceritakan masalah kepada orang lain, membuat status dimedia sosial bisa membuat masalahmu selesai?

Ketika masalah dan amarah itu datang, berhenti dan duduklah. Kalau masih marah, berbaringlah. Tapi jika masih marah ambillah sajadahmu dan berdoalah.

Masalah besar terjadi karena karena masalah kecil yang tidak terselesaikan. Diam memang tidak bisa menyelesaikan masalah. Tapi setidaknya, diam bisa meredam untuk membuat masalah itu tambah menjadi besar.

Lebih baik diam tapi tahu apa yang harus dilakukan daripada berbicara tapi tidak mengerti apa yang dibicarakan. Lebih baik diam dianggap bodoh daripada berbicara dan berusaha dianggap pandai.

Berkata-kata memang lebih baik daripada diam. Tapi diam akan jauh lebih baik daripada berkata-kata tapi menyakiti hati orang lain.

Diam, lebih baik daripada berbicara omong kosong dan sok tahu.
Diam, bisa membuat kita lebih mendengarkan kata hati.
Diam, bisa membuat kita menikmati cara kita berfikir.

Karena diam terkadang lebih baik untuk mewakilkan jutaan kepingan perasaan kita yang ada. Lebih baik diam daripada melepaskan kata-kata yang tidak sepatutnya.

Diam itu bijak tapi ketika bijakmu di injak dan tidak dihargai. Berbicaralah dan buat orang lain diam. Karena diam adalah emas dan berbicara baik adalah berlian.

Terimakasih. Assalamualaikum. Wr. Wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel