Perbedaan Orang Pintar Dan Orang Cerdas


Banyak orang mengatakan bahwa pintar dan cerdas itu sama. Padahal itu adalah sesuatu yang berbeda lo. Orang pintar adalah orang yang pandai sedangkan orang cerdas adalah orang yang cerdik dan cermat dalam melihat sesuatu.

Didalam kecerdasan itu ada kepintaran namun di dalam kepintaran belum tentu ada kecerdasan. Berikut beberapa perbedaan antara Orang pintar dan orang cerdas:

1. - Orang pintar mengandalkan pengetahuan
    - Orang cerdas mengandalkan logika

Tak heran jika pintar selalu dikaitkan dengan prestasi akademik, karena memang bergelut dengan ilmu. Orang pintar hanya bisa menjawab hal-hal yang di pelajari, hafalan bukan pengertian.

Berbeda dengan orang cerdas, orang cerdas mengandalkan logika dan pengetahuan sebagai pendukungnya. Sehingga orang cerdas tidak menguasai satu bidang saja tetapi juga bidang lainnya.

2. - Orang pintar lebih disiplin dan teratur
    -  Orang cerdas lebih kreatif

Dalam menyelesaikan masalah orang pintar akan menyelesaikannya dengan apa yang diketahuinya saja, sehingga terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya.

Sedangkan orang cerdas akan berfikir apakah ini bisa selesai dengan waktu yang singkat. Inilah yang menjadikan orang cerdas lebih kreatif, karena dapat mencari solusi permasalahan dengan cepat dan tepat.

3. - Orang pintar berfikir panjang
    - Orang cerdas berfikir pendek

Orang pintar sering berfikir panjang dan sangat memperhitungkan semuanya secara detail, maka dia akan bilang, ini resikonya terlalu besar, ini kemungkinan berhasilnya sangat kecil hanya 5%. Sehingga dia tidak mengambil resiko tersebut.

Tetapi orang cerdas berfikir pendek yaitu sedikit berfikir namun banyak bertindak. Maka dia akan bilang, selagi masih ada kemungkinan kenapa tidak. Dia selalu berusaha menyelesaikan sesuatu walaupun kemungkinan berhasilnya sangat sedikit.

4. - Orang pintar selalu berfikir
    - Orang cerdas selalu berusaha

Disaat gagal orang pintar selalu berfikir bagaimana bangkit dari kegagalan.

Sedangkan orang cerdas selalu berusaha untuk bangkit dari kegagalan. Oleh karena itu orang cerdas lebih cepat bangkit dari kegagalan. Karena nyatanya berusaha lebih baik dari hanya berfikir terus-menerus dan akan menghabiskan waktu.

5. - Pintar diperoleh sesudah lahir
    - Cerdas diperoleh sebelum lahir

Pintar butuh proses dan tahapan untuk mempelajari sesuatu hal terlebih dahulu dengan jangka waktu tertentu. Sampai akhirnya dia mengetahui sepenuhnya akan hal yang di pelajarinya tersebut. Selain itu orang pintar juga biasanya hanya bisa menjawab hal-hal yang dipelajarinya saja. Jika menurut teori berkata A maka itulah yang akan dia ingat terus. Dengan demikian sebenarnya setiap orang berpotensi menjadi pintar asalkan mau belajar dengan tekun sampai akhirnya menguasai suatu hal dengan baik.

Berbeda dengan pintar yang membutuhkan proses, cerdas merupakan anugrah bawaan dari lahir dan tidak bisa di cari. Oleh karena itu orang cerdas sering kali berimprovisasi dan lebih kreatif dalam melakukan sesuatu. Kemampuan berfikir orang cerdas sangatlah cepat, sehingga dia sangat mudah mengerti, memahami dan menangkap maksud dari suatu kondisi atau keadaan.

Berbeda dengan orang pintar yang disiplin dan teratur, biasanya orang cerdas justru terlihat lebih santai namun bukan dalam arti negatif . Orang cerdas tahu kapan dia harus santai dan serius, karena orang cerdas sangat flexibel. Orang cerdas lebih mengandalkan pikiran kritis dan pengalaman. Secara emosional orang cerdas cenderung lebuh stabil emosinya dibanding orang pintar.


Demikian beberapa perbedaan antara orang pintar dan orang cerdas. Kalian termasuk yang mana ?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel