-->

Kenapa Internet Di Indonesia Lemot


cungkring.com : Koneksi internet Indonesia, sebuah topik yang sangat kontoversial bagi para netizen di Indonesia. Kenapa internet di Indonesia lemot sekali dan bikin emosi tidak seperti di negara tetangga.? Yang pasti bukan karena tiangnya yang kurang tinggi atau gimana.

Faktor pertamanya itu adalah infrastruktur. Internet itu pada dasarnya membutuhkan infrastruktur . Sebuah perusahaan harus membangun kabel telfon, kabel optic hingga tim pemancar yang harganya Milyaran hanya untuk bisa streaming videodengan lancar.

Perkembangan internet sebanding dengan infrastruktur lainnya. Jalan raya kita masih banyak yang bolong, jembatan masih banyak yang reot bahkan masih banyak desa yang listrik saja belum ada. 

Artinya, membangun infrastruktur itu tidaklah murah dan membutuhkan uang yang sangat banyak. Ya begitulah alasan yang paling klasik. hehe..

Bedanya negara kita dengan negara tetangga adalah uangnya. Provider internet adalah industri yang sangat capital intensive yang artinya membutuhkan kantong yang tebal untuk mulai di bisnis ini.

Sebentar, negara tetangga tidak lebih kaya dari kita tapi kok internetnya bisa cepat atau tidak lemot, inilah alasannya :

Faktor Geografis
Kadang-kadang kita lupa, negara kita itu sangat luas sekali. belum lagi ada hutan rimba, gunung meletus, macan lepas, candi borobudur, cabe-cabean sampai ombak yang bergulung. Artinya kondisi geografis Indonesia ini yang menciptakan tantangan tersendiri bagi kita untuk membangun infrastruktur tidak seperti negara tetangga.

Tidak usah pakai bahasa ekonomi ribet intinya aja nih kita pengen bangun rumah, tapi kalau kita tidak punya uang mana bisa kita bangun rumah. Karena bangun rumah itu mahal apalagi rumah kita banyak tantangan geografisnya. Jadilah rumah kita seadanya seperti halnya kondisi internet di Indonesia.

Tentu saja ada pengecualian, tapi ada alasan juga kenapa alasan itu disebut pengecualian. Karena itu adalah pengecualian sedangkan yang kita bicarakan disini bukan pengecualian, melainkan secara keseluruhan.

Jadi jangan pernah pamer speed internet didepan teman kalian karena itu lebih sensitif daripada nanyain orang tentang berat badan. 

Kesimpulannya sudah berkali-kali kita melihat diberita, internet di Indonesia terlemot di dunia atau yang lebih bahagia sedikit, internet di Indonesia terlemot ke dua didunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel