-->

Macam-macam Buah Yang Cegah Dan Redakan Penyakit Jantung



Buah-buahan memiliki banyak khasiat positif. Salah satunya dapat mencegah dan meredakan penyakit jantung. Tak cuma baik untuk seseorang yang menderita penyakit jantung, buah-buah ini juga baik dikonsumsi orang yang punya jantung sehat agar dapat terhindar dari risiko penyakit jantung.

Sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia, kamu bisa mencegah penyakit jantung dengan menjalani pola hidup sehat, mulai dari berolahraga secara rutin, hindari merokok dan asap rokok, hingga mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang.

Buah yang dapat mencegah dan meredakan penyakit jantung mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Namun, kamu disarankan mengonsumsi buah-buahan tersebut dalam bentuk segar, bukan dalam bentuk buah kalengan, buah kering, atau jus kemasan yang umumnya sudah banyak ditambahkan gula.

Selain mengonsumsi beragam buah untuk penyakit jantung, kamu juga perlu mengurangi asupan makanan yang tinggi garam, gula, serta lemak jenuh. Jangan lupa, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter jantung, apalagi jika kamu memiliki penyakit jantung atau berisiko menderita penyakit jantung.

Berikut rangkum dari berbagai sumber,tentang buah yang dapat mencegah dan meredakan penyakit jantung.


Tomat

Buah yang dapat mencegah dan meredakan penyakit jantung selanjutnya adalah tomat. Tomat mengandung antioksidan likopen yang dipercaya bisa membantu menghilangkan lemak jahat, mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, hingga mengurangi risiko serangan jantung.



Anggur
 
Senyawa resveratrol yang memberikan warna merah keunguan pada buah anggur memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung. Karena itulah anggur menjadi salah satu buah yang dapat mencegah dan meredakan penyakit jantung.

Selain itu, anggur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta mengatasi peradangan.



  


Jeruk

Buah yang dapat mencegah dan meredakan penyakit jantung yang pertama adalah jeruk dan buah golongan sitrus lainnya, seperti lemon, jeruk limau, hingga jeruk nipis. Hal ini berkaitan dengan kandungan serat serta antioksidan flavonoid dan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, jeruk dan buah sitrus lainnya juga baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah agar tidak membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.



Alpukat

Buah yang dapat mencegah dan meredakan penyakit jantung selanjutnya adalah alpukat. Lemak yang terkandung dalam alpukat disebut dengan lemak tak jenuh tunggal yang merupakan jenis lemak sehat. Lemak inilah yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Bahkan, alpukat juga bisa meningkatkan kadar lemak baik (HDL) dalam tubuh, serta kaya akan antioksidan dan kalium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.




Delima

Buah yang dapat mencegah dan meredakan penyakit jantung lainnya adalah delima. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus delima setiap hari selama 3 bulan secara rutin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke jantung.

Mengonsumsi delima dapat menjaga kelenturan pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi karena kandungannya yang kaya antioksidan, termasuk antosianin dan polifenol.



Pisang

Pisang juga termasuk ke dalam buah yang dapat mencegah dan meredakan penyakit jantung. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan-kandungannya yang akaya akan vitamin C, vitamin B6, dan kalium.

Kalium sendiri merupakan mineral yang memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan garam atau natrium yang rendah.

Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil, sehingga risiko terkena penyakit jantung jadi berkurang.



Stroberi

Stroberi dan jenis buah beri lainnya seperti raspberi dan bluberi juga merupakan buah yang dapat mencegah dan meredakan penyakit jantung. Jenis buah beri ini mengandung antioksidan antosianin yang memberi warna merah dan biru.

Senyawa tersebut baik untuk jantung karena dipercaya mampu menjaga kelenturan pembuluh darah, menstabilkan tekanan darah, serta mengurangi peradangan. Karena manfaat tersebut, buah beri dianggap baik untuk pemulihan setelah sakit jantung serta mengurangi risiko munculnya kembali penyakit jantung.

0 Komentar

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel