-->

Solo Masuk Zona Hitam ?


cungkring.com : Solo dimasukkan zona hitam pandemi covid19. Semua kaget. Semua bingung. Termasuk saya. Kok bisa? Katanya, penyebabnya: 25 mahasiswa pendidikan dokter UNS terpapar covid19.

Tak hanya masyarakat solo yang bingung. Sahabat-sahabat dari luar Solo juga bingung. Teman saya di Jakarta japri ke WA saya: bener Solo zona hitam? Saya jawab enteng: selama rezim ini sih zona merah: kandang banteng. Dia tertawa. Saya tertawa. Lupa kalau ada covid19.

Saya jelaskan: Solo aman-aman saja. Pasar tradisional tetap ramai. Jalanan juga mulai ramai, meskipun sempat sepi pas penetapan awal KLB (kejadian luar biasa).

Banyak masjid di solo yang jamaahnya juga penuh meski tanpa jaga jarak --karena selama ini yang selalu jaga jarak aman hanya truk. Protokol kesehatan tetap dijaga: cuci tangan dan menyediakan hand sanitizer.

Sholat Jumat juga tetap digelar, dan penuh jamaah. Meskipun ada juga beberapa masjid yang menerapkan protokol covid19 dengan ketat juga. Tetapi intinya: Solo aman2 saja. Zona hitam? No way.

Yg sampai saat ini masih sepi adalah kampus dan sekolahan. Kampus UNS sejak KLB ditetapkan sampai sekarang tetap tutup total. Masjid Nurul Huda yang megah itu nganggur. Mahasiswanya pulang ke daerah masing2.

Dampak sosialnya sangat terasa. Warung-warung makan sepi pembeli. Bahkan ada yg memutuskan untuk tutup. "Gak ada pembeli," kata Agus, salah satu pemilik warung makan di sekitaran kampus UNS.

Saya tinggal di Jebres, kawasan yang jadi tersangka zona hitam. Masjid di daerah saya sejak KLB sampai sekarang tetap sholat berjamaah tanpa jaga jarak. Sholat Jumat dan Idhul Fitri juga dijalankan, dengan menyediakan masker gratis dan hand sanitizer.

Sampai saat ini tidak ada warga yang terpapar covid19. Kemarin ada satu warga di kampung sebelah yang dikabarkan terpapar. Tapi, bukan karena berjamaah di masjid, tapi karena dia bekerja di RS DR Moewardi yang menangani pasien covid19.

0 Komentar

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel