-->

40 Tempat Wisata diLumajang Terbaru

cungkring.com : Tempat Wisata di Lumajang Jawa Timur terbaru tahun 2018. ada wisata anak, air terjun, waterpark, edukasi maupun objek spot foto yang wajib anda kunjungi saat liburan di lumajang bareng keluarga atau pasangan.

Lumajang merupakan Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan berbatasan dengan Kabupaten Jember di sebelah timur, di barat ada Kabupaten Malang, di utara ada Kabupaten Probolinggo dan di selatan langsung berhadapan dengan Samudra Hindia.

Secara topografi sendiri, Wilayah Lumajang terdiri dari dataran tinggi dan sedang berupa perbukitan gunung serta hutan yang luas. kemudian di sebelah selatan daerah merupakan wilayah pesisir laut yang luas, sehingga Lumajang bisa disebut daerah yang lengkap akan ragam pesona alam, seperti air terjun, puncak gunung, danau serta pantai serta hutan yang luas.

Selain itu, Kabupaten Lumajang bisa disebut sentralnya penghasil buah - buahan terbaik di Jawa Timur. hal itu akan kita rasakan saat mengunjungi jalanan Wilayah Kabupaten ini. yang mana anda akan disuguhkan beragam aneka jenis buah dengan kualitas terbaik di sepanjang ruas jalanan dekat pasar. bahkan dari bentuk dan rasanya pun memiliki keunggulan yang ngak perlu diragukan lagi. banyak hal yang mempengaruhi keunggulan hasil buah di Daerah Lumajang, salah satunya ialah faktor kesuburan tanah dan suhu udara yang ideal untuk bercocok tanam jenis buah-buahan. maka tak heran, jika Kabupaten Lumajang mendapat julukan kota pisang mas.

Langsung saja di bawah merupakan ulasan singakat dari KepengenWisata tentang daftar tempat wisata Kabupaten Lumajang terbaru dan terpopuler tahun 2019 yang wajib anda kunjungi sewaktu liburan di Kabupaten ini.

1. TEMPAT WISATA AIR TERJUN TUMPAK SEWU

Coban Tumpak Sewu atau banyak orang menyebutnya air terjun Tumpak Sewu merupakan wisata alam yang paling diminati wisatawan jika berkunjung ke Kabupaten Lumajang. alasan utamanya adalah bentuk kucuran air yang banyak serta memiliki tebing melengkung.

Untuk akses menuju lokasi pintu masuk cukup mudah dilalui kendaraan roda empat ataupun roda dua, tetapi kendaraan anda hanya bisa sampai di pos pintu masuk wisata. selanjutnya pengunjung bisa memarkir kendaraan setelah melewati pintu loket dengan biaya Rp. 10.000,-. setelah itu wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih 500 meter atau sekitar 14 menit.

Dalam perjalanan, bakal ada beberapa guide yang siap mendampingi sebagai penunjuk arah lokasi wisata air terjun Tumpak Sewu ini. selain itu, dalam perjalanan menyusuri objek wisata alam ini bakal banyak penjual jajanan dan tempat kursi untuk bersantai bila anda merasa kelelahan saat berjalan kaki.

Nah, sesampainya di lokasi Coban Tumpak Sewu Lumajang sebelah atas, Pengunjung bakal disuruh membayar tiket senilai Rp. 10.000,- lagi oleh pengelola wisata. dan di tempat ini, pengunjung bakal merasakan keindahan air terjun dari atas ketinggian. umumnya banyak wisatawan memanfaatkan tempat sebelah atas ini untuk pengambilan foto bersama pasangan atau keluarga.


Alamat Air Terjun Tumpak Sewu

Untuk Lokasi Objek Wisata Alam ini terletak di Jl. Raya Sidomulyo, Kampung Siji, Besukcukit, Sidomulyo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.


Tiket Masuk Coban Tumpak Sewu

Kemudian untuk biaya masuk berlibur di Air Terjun Tumpak Sewu ini, wisatawan hanya perlu merogoh tarif sebesar Rp. 15.000,-

2. WISATA ALAM AIR TERJUN KAPAS BIRU

Coban Kapas Biru Lumajang merupakan wisata alam yang baru di kenal banyak orang sekitar tahun 2015 an. dan pengunjung yang datang ke tempat wisata alam ini bakal disuguhkan pesona eksotis kucuran air yang deras tapi terkesan lembut seperti kapas.

Lokasinya Air Terjun Kapas Biru sendiri berada di tengah belantara area hutan. untuk sampai kesini sebenarnya medan jalannya cukup baik, tetapi wisatawan perlu melewati hutan serta jalan pinggir tebing yang naik turun.

Untuk berlibur di Air Terjun Kapas Biru Lumajang, wisatawan bisa membawa kendaraan motor hanya sampai lokasi parkiran wisata saja yang terletak di perkampungan warga. kemudian wisatawan perlu berjalan kaki ke area wisata Air Terjun Kapas Biru sekitar 30 menit. dalam perjalanan bakal ada guide yang siap menuntun arah jalan para wisatawan.


Alamat Air Terjun Kapas Biru

Lokasi objek wisata alam ini berada di Desa Mulyoarjo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Tiket Masuk Coban Kapas Biru Lumajang

Biaya Tiket yang tergolong ekonomis, yakni Rp. 10.000,-

3. COBAN SRITI (ANTRUKAN WOLU)

Tempat wisata selanjutnya yaitu Coban Sriti Lumajang, sebelum tahun 2019 mungkin objek wisata alam ini kurang tercium atau tak banyak di jamah orang dan mungkin hanya sesekali terdengar di telinga, hal itu bisa di sebabkan karena akses yang sulit serta butuh mental ekstra untuk sampai ke air terjun ini, diantaranya melewati setapak bebatuan besar dan menyeberangi banyak aliran sungai yang berjumlah delapan. hal itulah yang membuat orang menyebutnya antrukan wolu atau delapan.

Seiring dengan kesadaran Pemerintah dan pengelola akan pemanfaatan wisata alam, akhirnya masalah akses jalan tersebut bisa di pecahkan pada awal tahun 2019, yang mana pihak pegelola membuat terobosan rute akses jalan baru untuk memudahkan wisatawan berlibur ke tempat wisata Coban Sriti ini, karena dengan bertambahnya pengunjung maka akan berdampak positif bagi perekonomian daerah tersebut.

Pemandangan di area Air Terjun Sriti sangatlah memukau. dari bentuk tebingnya hampir mirip coban sewu yang melingkar dan memiliki ketinggian kurang lebih 125 meter serta lebatnya pepohonan yang menjulang tinggi cocok bagi destinasi baru anda saat akan berlibur.
Untuk sampai kelokasi air terjun anda hanya perlu berjalan kaki melewati perkebunan salak kurang lebih 17 menit dari area parkir kendaraan atau kurang lebih 500 meter jarak tempuh.


Alamat Coban Sriti

Dusun Jogokereng, Desa Tamanayu, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang


Tiket Masuk Coban Sriti Lumajang

Kemudian untuk urusan biaya tiket, setiap pengunjung akan dikenakan Rp. 15.000,- untuk satu orang.

4. WISATA COBAN PAWON LUMAJANG

Air terjun coban pawon bisa dikatakan waterfall musiman. karena jika dimusim kemarau airnya tidak turun dan hanya turun di musim penghujan. bentuk lubangan melingkarlah yang menjadi sebutan awal dinamai pawon. karena mirip tungku tanah liat atau alat untuk memasak.

Untuk sampai ke area lokasi memanglah sangat jauh. kita mesti melewati lembah pegunungan berjarak hampir 1 kilometer dengan jalan yang bisa dikatakan ekstrim karena di pinggir jurang dan naik turun. saran ke wisata ini mungkin hanya bagi yang suka tantangan atau berpetualang saja. untuk parkir kendaraannya sendiri di dekat perkampungan warga dengan tarif seikhlasnya.

Alamat Coban Pawon Lumajang

Pucang Langit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.


Tiket Masuk Coban Pawon Lumajang

Untuk berlibur di Coban Pawon, para wisatawan tidak di kenakan biaya masuk atau tempat wisata ini memiliki akses gratis.

5. WISATA AIR TERJUN KABUT PELANGI

Selanjutnya wisata air terjun keempat. yakni waterfall kabut pelangi. dikelilingi banyak pepohonan hijau hutan bakal membuat liburan anda lebih adem ayem. selain itu air terjun ini sering memunjulkan pemandangan pelangi karena sinar matahari tembus ke kucuran air atau sering disebut pembiasan cahaya.

Untuk sampai kelokasi wisata air terjun ini kita harus berjalan kaki dari lokasi parkir yang ada di perkampungan sekitar 35 menit. di perjalanan anda bakal melewati perkebunan salak dan aliran sungai kecil tengah hutan yang bakal membuat wisata anda semakin lengkap karena suasana alamnya cocok buat bersantai sambil berfoto.

Alamat Air Terjun Kabut Pelangi

Mulyoarjo, Kecamatan Pronjiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Tiket Masuk Wisata Air Terjun Kabut Pelangi

Liburan ke wisata alam coban Kabut Pelangi Lumajang tergolong murah dan mewah, karena setiap wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- saja.

6. TEMPAT WISATA GOA TETES PRONOJIWO

Air terjun yang satu ini tidaklah terlualu deras alirannya tapi bakal merata ke dinding. selain itu terdapat goa yang lumayan cantik bentuknya.

Lokasi goa tetes sendiri sebenarnya masih satu wilayah atau berdekatan dengan coban tumpak sewu. untuk sampai ke area wisata ini anda bakal berjalan kaki setelah memarkir kendaraan dan melewati bebatuan setapak yang mungkin jika hujan akan terasa licin serta jalanan hutan yang berbelok - belok. tapi tenang karena di perjalanan bakal banya warung minuman untuk sekedar beristirahat sejenak.

Untuk fasilitas area parkir yang tersedia di kawasan wisata alam ini sendiri bisa dikatakan sangat luas dan mumpuni bagi setiap kendaraan roda empat atau roda dua.


Alamat Goa Tetes Pronojiwo Lumajang

Besukcukit, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Tiket Masuk Wisata Goa Tetes Pronojiwo

Rp. 5.000,-

7. WISATA PETUALANG RANU PANI (RUTE KE MAHAMERU)

Inilah tempat wisata awal atau rute pertama jika anda akan berpetualang ke mahameru semeru atau ke gunung bromo pasuruan.

Ranu Pane merupakan nama danau yang diambil dari nama desa tersebut, yaitu desa ranupane. wisata alam ini sendiri bisa disebut pos masuk awal untuk perijinan berpetualang anda serta memarkirkan kendaraan pribadi yang anda bawa.

Untuk Tiket Masuk awal pada pos pemeriksaan ini, wisatawan akan dikenakan biaya kisaran Rp. 22.500,- dan adapun untuk syarat perijinan, diantaranya membawa foto copy KTP 4 Lembar, SUKET kesehatan dari Dokter serta bersetempel. Surat Kesehatan tersebut harus dibuat H - 1 sebelum digunakan. intinya pihak Pengelola wisata ingin memastikan kelayakan fisik anda dalam berpetualang agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Setelah dari pos loket, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke danau pane, tetapi jangan kaget karena ranu pane sering mengalami pendangkalan atau pengikisan erusi, hal ini juga bisa diakibatkan dari terlalu banyaknya pembungan sampah sembarangan yang menyebabkan danau ini seperti hilang raut cantiknya atau hilang, di sekitar ranu anda akan melihat banyak bunga anggrek yang tumbuh di pinggir danau serta hawa dingin berkabut bakal menyelimuti tempat ini.


Alamat Wisata Danau Pane

Objek Wisata Alam di Lumajang ini terletak di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

8. WISATA DANAU RANU REGULO

Setelah dari Ranu Pane anda bisa mampir ke Ranu Regulo, hanya berjarak 200 meter atau sekitar 7 menit jalan kaki anda bakal sudah sampai ke danau regulo ini.


Ranu Regulo sendiri merupakan danau yang sangat dingin, rata - rata suhu bisa minus 3 sampai 20 derajat celcius. di tempat wisata Ranu Regulo ini, terik matahari hampir tidak terasa. bahkan para wisatawan bakal di hadirkan pemandangan putih kabut serta suasana hening danau, dan pastinya akan membuat liburan anda terasa alami.

Alamat Wisata Alam Danau Regulo

Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

9. RANU KUMBOLO LUMAJANG

Wisata Petualangan selanjutnya adalah Ranu Kumbolo, setelah dari ranu regulo anda bisa melanjutkan perjalanan mengikuti rute ke gerbang pendakian gunung semeru, kemudian baru melanjutkan perjalanan panjang sekitar 12 kilometer jarak dari pos awal Desa Pane.


Sesampainya di danau kumbolo rasa letih bakal terbayar dengan pesona keindahan tempat ini, dari sudut pandang lembah pegunungan serta sejuknya air ranu bakal membuat liburan anda nampak seru dengan kehadiran spot foto alam yang memukau. di area ini banyak pengunjung yang memasang tenda untuk bercamping atau beristirahat sejenak sebelum mendaki ke gunung semeru.

Alamat Rabu Kumbolo Lumajang

Lokasi Wisata Ranu Kumbolo berada di kawasan Dusun Tulungrejo, Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

10. WISATA ALAM BUKIT CINTA

Jika anda pernah menonton film 5 cm. pastinya anda pernah melihat kawasan wisata bukit cinta ini. yang mana diceritakan artis pemeran saykoji kala itu merasa ketakutan ketika melewati tanjakan ini saat menoleh kebelakang. karena menurut mitos masyarakat kalau melewati tanjakan cinta ini tidak boleh menoleh atau beresiko kehidupan cinta anda akan mengalami masalah.

Bukit Cinta merupakan tanjakan di area wisata danau ranu kumbolo. atau lebih tepatnya jalan menuju objek wisata oro - oro ombo. liburan kesini akan menjadi daya tarik tersendiri karena selain di suguhkan pemandangan menakjubkan. disini bakal banyak sudut spot foto menarik. hembusan udara yang sejuk di atas pegunungan akan membuat anda betah berlama - lama di area ini.

Lokasi tepatnya dari ranu kumbolo kita bakal melewati tanjakan cinta ini selanjutnya bisa melanjutkan perjalanan ke gunung semeru dan pura giri semeru. berlibur kesini merupakan petualangan wisata yang bakal menguras tenaga tapi semua akan terobati dengan pesona alam yang memukau.

Alamat Wisata Bukit Cinta Lumajang

Ranu Kumbolo, Tulungrejo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

11. SURGA WISATA ORO - ORO OMBO LUMAJANG

Wisata petualang selanjutnya yaitu Oro Oro Ombo, merupakan surga tersembunyi di gunung semeru. hamparan bunga verbana yang bermekaran berwarna keunguan bakal menyapa anda saat sesampainya disini. selain itu beberapa bukit yang mengelilingi kawasan ini akan menambah kesejukan yang lekat dengan alam dalam liburanmu.

Banyak wisatawan yang memanfaatkan tempat wisata ini untuk pengambilan foto. karena banyak sudut pandang spot foto yang jarang dijumpai keindahan alamnya.


Alamat Wisata Oro-Oro Ombo Lumajang

Lokasi Surga wisata ini berada di wilayah Desa Oro - Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

12. PUNCAK MAHAMERU (GUNUNG SEMERU)

Berikutnya adalah titik terakhir tujuan para wisata petualang yaitu mahameru, selain bertujuan berlibur, mendaki gunung semeru bisa dikatakan sebuah hoby pendakian.

Puncak Mahameru sendiri sebenarnya berada di dua wilayah kabupaten atau sebuah daerah perbatasan antara lumajang dan kabupaten malang. sebuah kesenangan dan kebanggan tersendiri bisa mencicipi puncak gunung semeru.


Akses lokasi pendakian ke mahameru memanglah tak semudah seperti bayangan di film 5 cm. karena tak sedikit dari para pendaki yang mengalami cedera saat melakukan perjalanan ke puncak. oleh sebab itu jika anda berkeinginan kesini alangkah baiknya persiapkan fisik mental dan perbekalan yang mumpuni. agar perjalanan berpetualang anda lancar dan aman.

Alamat Wisata Alam Mahameru Lumajang

Desa Ngampo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

13. WISATA PUNCAK B29 LUMAJANG

Negeri diatas awan, merupakan puncak dengan ketinggian Mdpl 2.900 sehingga dinamai wisata B29. disini kamu akan di hadirkan pemandangan kabut awan tebal yang luas di atas ketinggian.


Akses ke tempat ini bakal menanjak, jadi recomended tidak memakai kendaraan berjenis matic.

Selain menikmati pemandangan awan tebal, banyak orang memanfaatkan wisata B29 ini untuk bercamping. selain itu, di atas puncak B29 sendiri sudah terdapat fasilitas seperti musholla dan toilet agar pengunjung merasa nyaman dalam liburan.

Untuk parkir kendaraan berada di samping loket tiket masuk wisata. sesampainya diloket. alangkah baiknya menyesuaikan mental serta fisik anda. disini anda bisa berjalan kaki sekitar 2-3 jam, menaiki kendaraan ke atas puncak atau naik ojek yang banyak tersedia dengan tarif kisaran Rp. 40.000 sekali jalan kurang lebih 20 menit.

Untuk tiket masuknya ada dua tahap, umumnya pada loket pertama wisatawan akan dikenakan biaya Rp. 5.000,- dan pada loket atas tepatnya setelah melewati bukit cinta, Pengunjung dikenakan biaya lagi Rp. 25.000,- untuk sampai kepuncak B29 atau Mdpl 2.900 Lumajang ini.

Alamat Puncak B29 Lumajang

Lokasi B29 ini terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

14. PURA MANDARA GIRI SEMERU AGUNG

Tempat wisata religi pura atau tempat beribadah umat hindu yang letaknya berada di kaki gunung semeru. keindahan bangunan akan nampak dari luar beberarap ukiran batu yang di pahat menyerupai arsitektur bangunan yang anda di bali.

Untuk akses lokasinya cukup baik dan sudah bisa dilewati kendaraan roda empat seperti bus. untuk mengunjungi pura ini anda tidak pelu membeli tiket masuk dan bagi kaum non hindu hanya bisa masuk sampai ke tempat aula saja untuk sekedar mengenal ragam budaya keagamaan sangatlah cocok bagi anda yang sedang mencari tempat wisata edukasi.

Image Source

Alamat Pura Mandhara Giri Semeru

Desa Sumberagung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

15. OBJEK WISATA WATERPARK (KWT) LUMAJANG

Kawasan Wonorejo Terpadu atau disingkat (KWT) merupakan taman bermain air sekaligus wisata edukasi yang ada dikabupaten lumajang. karena objek wisata ini bakal menyuguhkan keanekaragaman budaya lumajang diantaranya Museum, seni budaya, masakan daerah, tempat spot foto dan pemandian air.

Lokasi objek Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) ini sendiri berada di tengah kota dan mudah di akses, karena berdekatan dengan terminal minak koncar. Untuk area parkirnya sangatlah luas.

Alamat Waterpark KWT Lumajang

Krajan, Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Tiket Masuk Wisata Waterpark KWT

Rp. 8.000,-

16. AIR TERJUN GUCIALIT (SEMINGKIR)

Air terjun yang bisa dikatakan sebuah mata air yang menyadu dengan alam sekelilingnya. waterfall ini merupakan wisata yang cukup populer sebelum familiarnya kabut pelangi atau tumpak sewu. namun dari segi keindahan spot foto memang kalah pamor. Namun meski begitu air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri. 

Yaitu serangkaian proses oasis yang disebabkan serapan air pada akar tumbuhan kebun teh kertonowo yang banyak mengikat air sehingga bisa mengaliri air terjun dan aliran air terjun gucialit tersebut kembali menjadi air minum yang dibawa embun atau resapan akar tumbuhan di sekitar dan tanaman kebun teh. jadi saling ketergantungan antara alam membuat kawasan ini terasa harmonis.


Untuk sampai kesini anda hanya perlu melewati perkebunan teh kertonowo yang dikelola oleh pihak BUMN dengan meminta izin petugas jaga di gerbang kebun tersebut. tiket masuk kewisata ini gratis.

Alamat Wisata Air Terjun Gucialit

Area Perkebunan Teh Kertonowo, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

17. AIR TERJUN MANGGISAN LUMAJANG


Alamat Air Terjun Manggisan

Desa Kandangan, Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur.

Tiket Masuk Coban Manggisan Lumajang

Gratis ( Hanya parkir kendaraan Rp. 5.000)

18. AIR TERJUN ANTRUKAN MENJANGAN


Alamat

Krajan, Wonocempokoayu, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

19. AIR TERJUN ANTRUKAN JAGO



Alamat

Wonocempokoayu, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

20. AIR TERJUN WATU LAPIS LUMAJANG



Alamat Air Terjun Watu Lapis

Desa Pasropan, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

21. AIR TERJUN CARANG KUNING



Alamat Air Terju Carang Kuning

Desa Jambekumbuh, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

22. AIR TERJUN TRAP SERIBU



Alamat

Dusun Randuagung, Desa Bodang, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

23. AIR TERJUN KEDUNG KUWUNG


Alamat

Desa Suco, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

24. TEMPAT WISATA PANTAI DAMPAR LUMAJANG


Alamat

Jl. Gandoruso, Kalibendo, Pasirian, Kabupaten Lumajang

Tiket Masuk

Rp. 5.000,-

25. WISATA PANTAI WATU PECAK


Alamat

Selok Awar Awar, Pasirian, Kabupaten Lumajang

Tiket Masuk

Rp. 5.000 Perorang (Sudah termasuk parkir roda dua)

26. PANTAI BAMBANG LUMAJANG


Alamat

Rekasan, Bago, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang

Tiket Masuk

Gratis - Hanya bayar parkir

27. WISATA ALAM HUTAN BAMBU SUMBERMUJUR


Alamat

Jl. Kalpaltaru, Sumbermujur, Candipuro, Kabupaten Lumajang

Tiket Masuk

Rp. 5.000,-

28. KEBUN TEH KERTONOWO LUMAJANG


Alamat

Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Tiket Masuk

Gratis (Butuh perijinan di pos jaga)

29. WISATA HUTAN PINUS PENANGGAL



Alamat

Rekasan Timur, Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang


Tiket Masuk

Gratis

30. OBJEK WISATA GRATI PARK



Alamat

Grati Satu, Grati, Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Tiket Masuk

Rp. 10.000,-

31. PEMANDIAN TIRTOSARI VIEW LUMAJANG



Alamat

Area Gunung Gendil, Penanggal, Kabupaten Lumajang


Tiket Masuk

Rp. 5.000,-

32. WISATA RANU KLAKAH LUMAJANG



Alamat Ranu Klakah

Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.


Tiket Masuk

Rp. 4.000,- (Parkir roda dua Rp. 3.000,-)

33. RANU BEDALI LUMAJANG



Alamat

Dusun Jatian, Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang


Tiket Masuk

Gratis

34. RANU PAKIS LUMAJANG



Alamat

Desa Pakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang


Tiket Masuk

Gratis

35. PUNCAK TAROB GUNUNG LEMONGAN



Alamat

Desa Papringan, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang


Tiket Masuk

-

36. PEMANDIAN ALAM SELOKAMBANG



Alamat

Purworejo, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Tiket Masuk

Rp. 10.000,-

37. BERWISATA KE JEMBATAN GLADAK PERAK



Alamat

Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang


Tiket Masuk

Gratis

38. PUNCAK GUNUNG WAYANG (BUKIT BARISAN)



Alamat

Dusun Kajarkuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang


Tiket Masuk

-

39. PANTAI WATU GODEG LUMAJANG



Alamat

Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Tiket Masuk

-

40. TAMAN ALUN - ALUN KOTA LUMAJANG



Alamat Taman Alun - Alun Lumajang

Rogotrunan, Jogoyudan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang


Tiket Masuk

Gratis

Itulah ulasan singakat 40 tempat wisata di Lumajang terbaru tahun 2018 yang lagi hits dan populer untuk dikunjungi.

Lumajang adalah Wilayah yang penuh pesona alam, dari danau, air terjun bahkan belantara hutan dengan beragam jenis pepohonan, salah satunya adalah kayu jati yang menurut jaman dahulu waktu penjajahan Belanda, kawasan hutan Jember, Pasuruan dan Lumajang sering menjadi tambang "emas hijau" sebutan untuk sebuah kayu jati, karena memiliki kualitas yang kuat dan awet, sehingga bangsa Belanda pada waktu itu banyak mengambil kayu jati dari Lumajang dan di kirim ke Negara Belanda untuk dijadikan bangunan dan berbagai macam kapal.

Semua kekayaan alam Lumajang tidak luput dari suburnya alam yang dimiliki oleh Daerah ini, oleh sebab itu, syukurilah segala sesuatu yang telah Tuhan berikan kepada Wilayah Negara kita dengan cara menjaga dan melindunginya dalam segala macam bentuk aktivitas, salah satunya adalah ketika kita berwisata.

Sekian, semoga apa yang saya tulis diatas dapat membantu rencana wisata anda saat liburan di Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa.

#WisataLumajangTerbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel